Amalan Ibadah Di Bulan Puasa

Amalan Ibadah Di Bulan Puasa
Amalan Ibadah Di Bulan Puasa
Amalan Ibadah Di Bulan PuasaBulan puasa merupakan bulan penuh berkah untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan suci umat muslim ini, segala ampunan dan hikmah hidup akan lebih sempurna dikarenakan setiap amalan yang dilakukan oleh manusia akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. 

Oleh sebab itu, akan menjadi suatu kesia-siaan apabila anda melewati dan menghabiskan bulan ini begitu saja tanpa memanfaatkan kesempatan untuk berloma-lomba berbuat kebajikan dan mengumpulkan pahala berlipat dari segala amalan yang ada. 

Pada dasarnya hidup dan umur manusia diatur oleh Allah SWT, sehingga tidak ada yang menjamin apakah anda masih bisa bertemu bulan ramadhan yang ada setahun sekali untuk tahun-tahun selanjutnya.


Memaknai Bulan Puasa Dengan Amalan


Alangkah baiknya, seorang muslim menjalankan dan menikmati ibadah puasa dengan mengejar semua pahala dari semua amalan wajib serta sunnah. Rasulullah SAW selaku suri keteladanan umat muslim telah mencontohkan segala bentuk amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh umatnya pada bulan suci ramadhan. 

Berikut ini beberapa amalan yang sangat diajurkan pada bulan ramadhan yang sesuai dengan sunnah Rasul:

  • Melaksanakan makan sahur
    Seorang muslim disunnahkan melakukan makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa, hal ini dikarenakan sahur adalah penunjang ibadah puasa agar lancar dan penuh hingga tiba waktunya berbuka. Dengan melakukan sahur, tubuh akan tetap dalam keadaan bugar sepanjang hari meskipun ada tengah berpuasa.

    Ingat, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Sahur merupakan salah satu kesenangan dan rutinitas di bulan ramadhan yang akan sangat dirindukan apabila ibadah bulan suci ini telah berakhir.
  • Menyegerakan berbuka puasa
    Pada saat telah tiba waktu untuk berbuka puasa, maka hendaknya seorang muslim segera berbuka puasa, karena terkandung banyak kebaikan dan hikmah dalam menyegerakan berbuka. Seperti apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW.
  • Membaca Al-Qur’an (Tilawah)
    Bulan puasa juga diyakini umat muslim sebagai bulan diturunkannya ayat suci Al-Qur’an pertama kali. Sehingga tak heran mengapa penghulu umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW selalu mengutamakan membaca Al-Qur’an pada bulan suci ini dibandingkan pada bulan lainnya dan begitu pula yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh umat beliau sekarang ini, yaitu kita.

    Membaca Al-Qur’an dengan tadabburi yang baik, memahami dan mengamalkannya akan membuat seorang manusia memperoleh keberkahan dalam hidupnya. Untuk itu, mulailah membuat target dalam mengkhatam Al-Qur’an pada bulan ramadhan kali ini. Akan lebih sempurna, jika anda menargetkan untuk menghafalnya.
  • Shalat Tarawih (Qiyamul Ramadhan)
    Ibadah sunnah lainnya yang menjadi ciri khas bulan puasa ialah shalat tarawih (qiyamul ramadhan). Ini merupakan bagian penting dari pelaksanaan ibadah puasa yang hanya bisa dirasakan setahun sekali, yakni hanya pada bulan suci ramadhan saja, tidak di bulan-bulan lainnya.

    Salat tarawih pada dasarnya juga sah apabila dilakukan di rumah, hanya saja untuk menyambut dan meramaikan bulan suci ramadhan akan terasa lebih indah saat umat muslim melaksanakannya secara berjamaah. Seperti dalam sebuah hadits yang menceritakan jika Rasulullah pernah melaksanakan salat tarawih di rumah dikarenakan takut umatnya akan berfikir jika salat tarawih merupakan ibadah salat wajib.
  • Zakat Fitrah
    Ibadah sunnah lainnya yang sangat melekat dengan bulan puasa ialah zakat fitrah. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dibayar sebelum ramadhan berakhir, dan diberlakukan untuk semua orang. Laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun anak-anak diwajibkan untuk mengeluarkan sebagian hartanya.

    Tujuan pembayaran zakat fitrah ialah untuk mensucikan diri orang yang berpuasa serta untuk membantu fakir miskin dalam hal financial untuk menyambut hari kemenangan (Hari Raya Idul Fitri).

Inilah beberapa amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan oleh umatnya pada bulan puasa.


Subscribe to receive free email updates: