Bekal Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Bekal Menyambut Bulan Puasa Ramadhan
Bekal Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Bekal Menyambut Bulan Puasa Ramadhan - Pada bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan nikmat dan berkah, pada bulan tersebut juga dibuka pintu ampunan selebar-lebarnya dan setiap amal baik yang dilakukan secara ikhlas akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Untuk memastikan semua rencana dibulan Ramadhan dapat terlaksana dengan baik, umat muslim diseluruh dunia melakukan persiapan mulai dari persiapan fisik hingga persiapan batin. 


Sebenarnya apa sajakah yang harus dilakukan menjelang bulan Ramadhan. Selengkapnya berikut ini adalah bekal yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan puasa Ramadhan diantaranya adalah:


Niat Beribadah dengan Ikhlas

Melakukan apapun jika didahului dengan niat yang baik, biasanya akan berjalan dengan lancar termasuk dalam menjalankan ibadah. Oleh karena itu niatkan dalam diri untuk melakukan berbagai ibadah di bulan Ramadhan nanti dengan ikhlas, hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT tanpa adanya keinginan untuk dilihat oleh orang lain. Sudah seharusnya bulan Ramadhan dijadikan momentum untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas ibadah kita.


Membersihkan diri

Dalam menyambut bulan puasa Ramadhan, ada baiknya diawali dengan pertobatan sebagai upaya untuk membersihkan diri. Setiap manusia tidak luput dari dosa, baik disengaja maupun tidak disengaja dan bertaubat sudah menjadi fitrah umat manusia sehingga membuat langkah menjadi lebih ringan dan hati menjadi lebih tenang. Disadari atau tidak dosa menjadi beban yang membuat sesak, menyesali sudah barang tentu dan bertaubat menjadi solusinya.

Tentu saja bertaubat tidak harus menunggu moment tertentu, bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT dapat dilakukan kapan saja, hanya saja menjelang bulan suci ini tentu saja harus disambut dengan keadaan yang bersih dari segala dosa maupun maksiat. Selain itu bulan Ramadhan menjadi bulan berjuta berkah yang akan melebur berbagai noda kelam para pendosa yang begitu disesali.

Bukan hanya sekedar dilisan saja, diengkapi juga dengan perbuatan yaitu tidak melakukan perbuatan yang sama untuk ke dua kalinya dan perbanyak melakukan amal baik, karena hal tersebut jauh lebih disukai.


Memperbanyak berdoa, memohon yang terbaik kepada Allah SWT

Berdoa menjadi salah satu satu jalan untuk bisa mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dan dalam komunikasi ini mohonlah ampun dan meminta untuk diberikan umur panjang agar dapat bertemu dengan bulan Ramadhan serta mohon kekuatan agar mampu menjalankan berbagai aktivitas selama bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan sendiri banyak keutamaan yang akan kita dapatkan, salah satunya adalah terkabulnya doa tentu saja jika dilakukan bersungguh-sungguh.

Memperbanyak berdoa saat menjelang bulan Ramadhan juga menjadi kebiasaan para orang-orang shalih sebelum kita. Dalam sebuah riwayat juga disebutkan jika beberapa diantaranya memohon kepada Allah untuk diberikan pertolongan dan kekuatan selama menjalankan berbagai ibadah termasuk dalam berpuasa, mohon agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan masih banyak lagi doa-doa yang dipanjatkan. Adapun kebiasaan ini dilakukan 6 bulan menuju bulan suci tersebut.


Berpuasa sunnah agar terbiasa melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan
 
Bekal tidak kalah pentingnya untuk menyambut bulan puasa Ramadhan adalah dengan mulai puasa sunnah. Diluar bulan Ramadhan kita terbiasa makan 3 kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan sore atau makan malam, saat berpuasa tentu hal tersebut tidak diperbolehkan.

Lebih dari 14 jam perut dalam keadaan kosong dan dengan jam makan yang berubah, mereka yang tidak terbiasa akan merasa kanget. Agar tubuh menjadi terbiasa, tidak ada salahnya untuk mulai melatih diri berpuasa sunnah.

Subscribe to receive free email updates: