Berkah Sahur dan Waktu Terbaik Sahur


Berkah Sahur dan Waktu Terbaik Sahur
Berkah Sahur dan Waktu Terbaik Sahur
Berkah Sahur dan Waktu Terbaik SahurSahur merupakan suatu kegiatan makan yang dilakukan oleh umat islam sebelum menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan. Makanan sahur adalah makanan yang barakah, yakni dapat mendatangkan kebaikan bagi pelaksananya. Tidak hanya kebaikan secara lahiriah namun juga kebaikan bathiniah.   

Sahur diambil dari kata sahar, yaitu sebuah sebutan untuk waktu pergantian antara siang dan malam. Sebenarnya sahur itu tidak hanya dilakukan pada bulan ramadhan saja, namun pada hari-hari lain ketika kita hendak berpuasapun kita juga disunahkan untuk bersahur. Berikut kita ulas mengaenai berkah dan waktu terbaik sahur.


Berkah sahur bagi mereka yang makan sahur

Makan sahur adalah suatu hal yang harus dilaksakanan ketika kita hendak memulai ibadah puasa saat bulan ramadhan. Ketika kita menjalani ibadah puasa kita akan menahan lapar dan haus seharian, dan pastinya itu menjadi tantangan yang cukup berat. 

Namun perlu anda ketahui, ternyata kegiatan sahur itu memiliki berjuta banfaat bagi diri kita. Diantaranya:
  1. Dengan makan sahur kita telah memenuhi perintah Rasul dan berarti kita telah menaati perinta Allah dan tentunya kita mendapat berkah sahur berupa pahala.
  2. Dengan makan sahur tubuh kita akan lebih kuat dalam menjalani puasa. Hal itu dikerenakan saat sahur kita berarti mencukupkan cadangan makanan bagi tubuh selama berpuasa, sehingga tubuh orang yang makan sahur tidak akan mudah lelah. Sebaliknya jika kita tidak makan sahur maka tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga tubuh mudah lelah dan mudah sakit. Dengan demikian berkah sahur yang kita dapat adalah kesehatan.
  3. Orang yang melaksanakan kegiatan sahur akan mendapatkan shalawat dari Allah dan mendapat doa dari para malaikat.
  4. Makan sahur dapat bernilai ibadah jika kita meniatkannya untuk melakukan perintah Allah.
  5. Waktu sahur adalah waktu yang diberkahi oleh Allah, sehingga jika kita berdoa di saat sahur akan dikabulkan oleh Allah.



Waktu Terbaik Sahur Menurut Rasulullah Dan Para Sahabatnya

Beberapa kesaksian para sahabat Rasulullah, waktu yang paling utama dan terbaik sahur ala Rasullullah adalah pada saat sepertiga terakhr malam, yakni menjelang waktu subuh. Hal ini dimaksudkan agar setelah kita melaksanakan sahur kita dapat langsung melanjutkan ibadah sholat subuh. 

Dalam ilmu kedokteran juga dijelaskan, bahwa sahur paling bagus adalah sesaat sebelum subuh namun tidak terlalu dekat, hal ini dimaksudkan agar setelah sahur orang-orang tidak tidur kembali, melalaikan melakukan ibadah sholat subuh yang juga dapat menjadi olahraga ringan agar makanan yang kita konsumsi dapat diolah secara tepat.

Bangun untuk melaksanakan makan sahur merupakan suatu tantangan yang lumayan berat, bagaimana tidak, disaat kita sedang nikmat-nikmatnya tidur, kita harus bangun untuk makan sahur, sehingga tidak sedikit orang yang hanya bangun untuk sekedar makan dan kemudian langsung melanjutkan tidur kembali. Namun taukah anda, tidur setelah makan sahur sangatlah berbahaya bagi tubuh. 

Jika kita langsung tidur setelah melaksanakan sahur maka beberapa penyakit berikut akan mendatangi anda:

  1. Serangan jantung
  2. Diabetes
  3. Obesitas
  4. Kerja liver bertambah berat sehingga akan memicu penyakit liver
  5. Sakit lambung


Itulah beberapa keberkahan sahur yang perlu anda ketahui sehingga anda dapat sadar dan tidak malas lagi untuk makan sahur, karena sahur itu memiliki manfaat dan berkah yang luar biasa bagi diri kita. 

Selain itu pastikan anda bersahur pada waktu yang telah ditentukan dan tidak langsung tidur setelah makan sahur, hal itu agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa.


Subscribe to receive free email updates: