Hijab Ramadhan

Hijab Ramadhan
Hijab Ramadhan
Hijab RamadhanHijab ramadhan bagi sebagian wanita merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan dan dilaksanakan. Hal ini tak lepas dari kesucian dalam bulan ramadhan sehingga umat muslim harus lebih menghargai dan menghormati bulan tersebut dengan melakukan segala yang diperintahkan termasuk di dalamnya adalah hijab ramadhan atau berhijab di bulan ramadhan. 

Wanita yang pada dasarnya merupakan makhluk yang dipenuhi dengan kelemah lembutan dan kasih sayang sering dianggap makhluk lemah yang membutuhkan perisai dan perlindungan dari gangguan luar. Salah satu cara islam menjaga wanita adalah dengan mewajibkan wanita menutup auratnya. 

Adapun aurat wanita sendiri adalah harus menutup seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah. Nah untuk menutupi bagian atas dari wanita selalu digunakan penutup kepala yang dinamakan hijab.

Hijab ramadhan menjadi salah satu alasan untuk menjaga diri dan menghormati kedatangan bulan ramadhan. Bagi wanita muslim tentunya wajib berpuasa dan menjaga hawa nafsunya. 

Nah salah satu cara menjaga hal tersebut adalah dengan hijab ramadhan. Adapun fungsi utama dari hijab adalah sebagai berikut.


Menunjukkan Jati Diri

Hijab ramadhan atau berhijab dibulan ramadhan artinya seorang wanita muslim menunjukkan jati dirinya bahwa dia adalah muslimah sejati yang taat akan perintah-perintah dalam agama. Jati diri wanita dalam islam layaknya mutiara dan emas yang tidak perlu untuk dipamer-pamerkan karena takut akan rusak dan hilang karena orang lain. 

Oleh karena itu cara untuk meindungi emas dan mutiara tersebut adalah dengan menyimpannya sebaik mungkin. Jadi berhijab dalam islam bertujuan untuk melindungi harga diri dan nilai dari wanita tersebut yang diibaratkan layaknya mutiara dan emas.


Melindungi Hawa Nafsu

Melindungi hawa nafsu dengan berhijab merupakan cara yang paling efektif menekan keinginan tersebut. Dengan berhijab seseorang akan malu karena dirinya adalah muslim yang harus taat akan perintah agamanya. 

Bukan hanya melindungi diri akan tetapi melindungi dari tatapan-tatapan yang menimbulkan hawa nafsu pula. Dengan memakai hijab seseorang akan merasa lebih baik dan lebih terlindungi dari berbagai gangguan dari luar apalagi di Indonesia yang laki-laki dan perempuan bisa bebas bertemu dan berjalan beriringan. 

Maka hijab adalah jawaban yang pas untuk melindungi dari hawa nafsu baik diri sendiri maupun orang lain.


Pelindung Dari Dosa Mata

Dalam islam memperlihatkan aurat pada orang asing atau yang bukan berasal dari keluarganya hukumnya haram atau dilarang. Hal ini bertujuan untuk melindungi wanita dari bahaya nafsu seksual dari lelaki yang tidak bertanggung jawab. 

Aurat pada wanita sangat berperan penting untuk dilindungi dan ditutupi karena bisa menimbulkan ketertarikan seksual pada lelaki jika dibiarkan  terbuka atau terlihat jelas tanpa ada tutupnya. Hal inilah yang membuat banyak orang memiliki dosa dari matanya. 

Bahkan dosa pandangan dan mata adalah salah satu dosa yang paling banyak dilakukan oleh umat muslim di agama islam. Akan tetapi berbeda halnya dengan memakai hijab, maka dosa tersebut akan menghilang karena tidak terlihat dan tidak tampak aurat yang ditunjukkan.


Bentuk Ketaatan dan Ketaqwaan

Kewajiban memakai hijab pada wanita muslim merupakan salah satu cara islam dalam menghargai dan mengormati peran wanita di dalam kehidupan. Dengan memakai hijab ramadhan maka wanita tersebut telah menunjukkan bahwa dirinya patuh dan taat pada aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh agamanya. 

Dengan demikian cara menunjukkan ketaqwaan dan ketaatan dibulan suci ramadhan adalah dengan memakai hijab ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: