Jenis-Jenis Makanan Yang Harus Dihindari dan Dianjurkan Saat Makan Sahur

Jenis-Jenis Makanan Yang Harus Dihindari dan Dianjurkan Saat Makan Sahur
Jenis-Jenis Makanan Yang Harus Dihindari dan Dianjurkan Saat Makan Sahur
Jenis-Jenis Makanan Yang Harus Dihindari dan Dianjurkan Saat Makan SahurRamadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan merupakan bulan yang sangat tepat untuk kita bertaubat. Bulan ramadhan ini tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai waktu untuk memperbaiki diri saja, melainkan pada bulan yang penuh berkah ini kita juga dapat memulai mengubah pola hidup kita kearah yang lebih baik.


A.    Jenis makanan yang harus dihindari saat sahur

Di Negara tercinta kita ini puasa berlangsung selama 12-13 jam per harinya. Adanya rentang waktu yang cukup panjang ini harus dapat kita siasati dengan memilih jenis makanan yang bergizi agar aktivitas keseharian kita dapat berlangsung sebagaimana biasanya. Kesalahan dalam memilih jenis makanan akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Berikut adalah info beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat makan sahur.

  • Makanan yang mengandung kadar gula terlalu tinggi
    Jenis makanan pertama yang harus dihindari saat makan sahur adalah makanan yang terlalu manis. Hal ini dikarenakan jika kita mengkonsumsi makanan yang manis seperti soda, permen dan berbagai minuman yang megandung pemanis buatan lainnya dapat membuat tingkat keasaman tubuh anda meningkat, serta membuat anda lebih cepat lapar. Nah jika anda merasa lapar maka segala aktivitas yang anda lakukan tidak akan lancar.
  • Minuman yang mengandung kafein
    Mengkonsumsi kopi atau teh saat sahur dapat membuat tubuh untuk sering buang air kecil, sehingga kadar air tubuh cepat berkurang. Hal ini dikarenakan segala jenis makanan dan miuman yang mengandun kafein bersifat diuretik. Untuk itu untuk mencegah timbuhnya rasa haus berlebihan saat berpuasa maka anda wajib menghindari diri mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein saat sahur.

  • Makanan yang terlalu pedas
    Makanan pedas memang sangat menggiurkan, tidak hanya di hari-hari biasa, pada saat bulan ramadhanpun makanan jenis ini tetap lezat disantap. Namun perlu anda ketahui , makanan pedas harus anda hindari saat makan sahur, hal ini dikarenakan makanan pedas dapat berdampak buruk pada kesehatan anda yakni membuat sistem pencernaan anda terganggu sehingga anda akan mengalami sakit perut bahkan dapat menyebabkan lambung kita terluka.

  • Makanan yang berlemak dan berminyak
    Jenis makanan yang berlemak dan berminyak jika dikonsumsi saat makan sahur akan mengganggu aktivitas anda, hal ini dikarenakan makanan berlemak dan berminya seperti jeroan, gorengan dan makanan siap saji lainnya akan membuat tubuh anda menjadi lesu dan mudah lelah.

  • Makanan yang tinggi kadar garamnya
    Makanan jenis ini akan membuat anda cepat haus sehingga akan mengganggu kegiatan puasa anda.



B.    Jenis makanan yang sangat dianjurkan saat sahur

Jenis makanan yang sangat dianjurkan saat anda sahur adalah jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya serat dan tinggi karbohidrat, seperti nasi. Selain itu beberapa jenis buah yang sangat dianjurkan yaitu buah yang mengandung tinggi kadar airnya seperti semangka, dan pepaya. Jenis makanan seperti yang telah disebutkan dapat membuat anda kenyang lebih lama, dan kebutuhan nutrisi tubuh anda tetap terpenuhi selama anda berpuasa.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan yang sangat dianjurkan untuk anda konsumsi saat makan sahur. Ada baiknya selama bulan ramadhan anda selalu menjaga asupan gizi dan nutrisi tubuh agar selalu terpenuhi, hal itu sangat berguna agar puasa anda tetap lancar dan tubuh anda tetap sehat dan terbebas dari segala macam penyakit.


Subscribe to receive free email updates: