Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat IslamKeutamaan bulan Ramadhan merupakan sebuah keistimewaan yang bisa dirasakan oleh seluruh umat muslim. Keutamaan bulan suci umat Islam ini harus disadari dan diketahui oleh semua orang yang ingin menyambut dan melaksakan ibadah bulan puasa. Dengan memahami dan mengetahui keutamaan bulan suci Ramadhan, maka bulan puasa akan terlihat lebih istimewa dan berkah pahala akan anda peroleh dengan kelipatan yang sempurna. 

Berpuasa merupakan kewajiban yang diperintahkan Islam untuk umatnya, pelaksaan puasa harus dilaksanakan selama satu bulan penuh yang jatuh pada bulan Ramadhan, yaitu bulan kesembilan menurut penanggalan Hijriah.

Bulan Ramadhan ialah bulan spesial yang bahkan sering disebut sebagai bulan seribu bulan akibat keutamaan dan keistimewaan yang mengelilinginya. Segala tindakan amalan manusia diukur dengan takaran pahala yang berlipat ganda, apalagi jika anda melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna. 

Pada bulan Ramadhan, tidurnya seorang muslim pun dianggap sebagai ibadah dan dibalas dengan pahala oleh Tuhannya. Oleh sebab itu, hindarilah perbuatan yang sia-sia pada bulan suci ini dan maknai bulan ini dengan bulan penuh pengampunan, berkah, dan keistimewaan sehingga menjadi manusia fitrah pada hari kemenangan.

Beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang wajib diketahui untuk memotivasi diri anda selama bulan puasa ialah seperti berikut ini:

  • Bulan Mendidik Dalam Mencapai Ketaqwaan
    Keutamaan bulan Ramadhan yang pertama ialah Ramadhan mampu berperan sebagai bulan yang mendidik dan melatih keimanan dan akhlak umat Islam untuk meraih ketaqwaan. Dengan menahan lapar, haus, dan amarah seorang manusia di didik untuk menanamkan sifat dan akhlak yang sabar, sederhana, dan berbagi, dan bersyukur akan semua nikmat yang di dapatkannya.

    Memanfaatkan waktu sebulan penuh untuk memperdalam sifat dan karakter muslim sejati bisa anda lakukan untuk mengubah dan memperbaiki segala kekurangan anda untuk kedepannya.


  • Terdapat Malam Lailatul Qadar
    Keutamaan bulan Ramadhan yang kedua dan tidak bisa ditemukan pada bulan lainnya ialah terdapat malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar diyakini akan terjadi pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, dan biasanya akan terjadi pada malam-malam ganjilnya saja.

    Alangkah sempurnanya apabila malam-malam menuju Lailatul Qadar diisi dengan berbagai doa dan zikir yang baik dan penuh rasa pensyukuran terhadap Allah SWT. Mengutarakan rasa cinta, sayang, dan syukur terhadap Sang Maha Pencipta merupakan sebuah kemuliaan yang harus dilakukan oleh umat muslim, termasuk salah satunya pada bulan Ramadhan dan saat mendekati malam Lailatul Qadar.


  • Bulan Pernuh Keberkahan
    Keutamaan bulan Ramadhan yang ketiga ialah jalan memperoleh kesempatan untuk mmemperbaiki diri sendiri dan kembali ke jalan yang benar serta diridhai Allah. Saat seorang muslim gagal atau tidak mampu memanfaatkan bulan Ramadhan untuk memperbaiki diri sendiri maka kemungkinan besar pada bulan lainnya sifat dan kepribadiannya akan menjadi lebih buruk lagi.

    Oleh sebab itu, manfaatkanlah kesempatan baik pada bulan Ramadhan ini untuk mengerjakan segala kebajikan, meningkatkan keimanan, dan memperbaiki segala kekurangan pada diri sendiri sehingga terbentuk dan terciptalah muslim sejati yang mencerminkan Islam.


  • Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa
    Keutamaan bulan Ramadhan yang keempat ialah Ramadhan sebagai bulan tempat berlomba-lombanya umat muslim dalam memperbanyak pahala. Dengan melaksakan ibadah yang sempurna pada bulan Ramadhan, maka seorang muslim akan menjadi suci layaknya bayi yang baru lahir pada hari kemenangan atau Idul Fitri kelak.


Itulah beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang harus anda ketahui untuk memotivasi diri dalam memperbanyak amalan-amalan kebajikan pada bulan suci umat Islam ini.


Subscribe to receive free email updates: