Keutamaan Puasa Ramadhan

Keutamaan Puasa Ramadhan
Keutamaan Puasa Ramadhan
Keutamaan Puasa RamadhanKeutamaan puasa ramadhan tidak bisa disebutkan secara rinci karena banyaknya keutamaan di bulan tersebut. keutamaan puasa ramadhan menjadi penyemangat bagi umat islam untuk menjalani bulan ramadhan dengan penuh hikmad. 

Bukan hanya menahan lapar dan haus mulai pagi hingga petang saja akan tetapi banyak sekali keutamaan puasa ramadhan jika dilaksanakan sesuai dengan perintah-Nya. Keutamaan puasa ramadhan menjadikan puasa tersebut memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan puasa lain. 

Bahkan Allah sampai mewajibkan puasa ramadhan karena menjadi ibadah yang khusus dan menjadi salah satu rukun islam sehingga setiap orang yang beragama islam wajib menjalankannya.

Puasa ramadhan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Hal ini tak lepas dari keutamaan puasa ramadhan yang amat besar dan tidak akan bisa ditemukan pada keutamaan puasa yang lain. Berikut ini beberapa keutamaan puasa ramadhan.


  • Sebagai Bentuk Ketaqwaan Pada Perintah AllahKeutamaan puasa ramadhan yang paling utama adalah sebagai bentuk ketaqwaan seorang hamba atas perintah tuhannya. Dalam kitab suci al-quran telah disebutkan tentang kewajiban untuk berpuasa di bulan ramadhan.

    Oleh karena itu dengan berpuasa ramadhan menunjukkan bahwa seorang muslim taat pada perintah tuhannya dan layak mendapatkan keutamaan yang ada di dalamnya. Dari sisi lain Allah memerintahkan berpuasa ramadhan untuk membuat umat islam menyadari pentingnya hubungan sosial antar manusia dimana dengan berpuasa umat muslim diberikan pengalaman dan hal yang dirasakan oleh orang-orang yang miskin dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

    Rasa lapar dan rasa haus di tengah aktifitas sehari-hari adalah hal yang sering dirasakan oleh orang-orang tersebut sehingga Allah ingin menunjukkan rasa tersebut agar umat islam sadar pentingnya untuk saling menolong satu sama lain.

  • Ibadah Khusus Dari Hamba Pada TuhannyaKeutamaan puasa ramadhan berikutnya adalah sebagai bentuk ibadah khusus dari hamba pada tuhannya. Mengapa? Karena tidak ada keterangan yang secara gamblang menjelaskan pahala berpuasa.

    Hal ini disebabkan Allah menghitung pahala puasa sesuai dengan keikhlasan hati saat menjalankannya. Jadi pahala bagi orang yang berpuasa dan berjuang mencari nafkah untuk keluarganya akan berbeda dengan pahala puasa orang yang bermalas-malasan seharian di kamarnya. Sehingga patokan utama dari ibadah ini adalah keikhlasan dari hati masing-masing.
  • Sebagai Perisai Dari Hawa NafsuNah keutamaan puasa ramadhan yang tidak kalah penting adalah sebagai perisai dari hawa nafsu. Tak jarang orang membatalkan niat buruknya gara-gara malu dan sungkan terhadap bulan puasa.

    Bukan hanya itu saja, ketika berpuasa seseorang akan malas untuk melakukan aktifitas yang membuang-buang tenaga sehingga lebih mudah untuk mengontrol hawa nafsu saat ingin berbuat tidak benar. puasa ramadhan akan menjadi perisai tersendiri bagi orang yang menjalankannya dari segala hal yang tidak baik untuk dilakukan.


  • Baik Untuk Kesehatan TubuhMenurut penelitian ilmiah saat ini, dengan berpuasa tidak akan mengurangi kesehatan tubuh seseorang meskipun pada umumnya membuat orang lemas dan tidak bertenaga saat menjalani aktifitas sehari-hari. Padahal jika dilihat lebih detail lagi dengan berpuasa ramadhan memberikan nafas dan celah bagi organ tubuh untuk beristirahat dan membersihkan dirinya dari zat yang merugikan tubuh.


Menurut berbagai macam penelitian menyebutkan bahwa organ tubuh akan bekerja lebih optimal jika seseorang mengatur pola makannya. Salah satu pola makan yang paling dianjurkan adalah berpuasa bahkan jika seseorang ingin melakukan operasi sudah pasti untuk berpuasa terlebih dahulu untuk membersihkan organ-organ didalamnya. Fakta inilah yang menjadi keutamaan puasa ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: