Makanan Sehat Ini Pas Untuk Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Makanan Sehat Ini Pas Untuk Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
Makanan Sehat Ini Pas Untuk Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Makanan Sehat Ini Pas Untuk Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan - Menyambut bulan Ramadhan tentu ada banyak hal yang Anda siapkan untuk bisa beribadah dengan maksimal, panen amal ibadahnya, dan mendapatkan manfaat kesehatan karena berpuasa. Salah satu persiapan yang mesti Anda lakukan adalah makanan apa saja yang akan disajikan untuk menu berbuka puasa dan pada saat makan saur.

Setelah seharian berpuasa tentu Anda mendambakan berbagai macam makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi, namun setelah berbuka puasa dan makan besar sedikit, pasti Anda sudah merasa kenyang dan tidak bisa menghabiskan makanan sebanyak yang dibayangkan. Oleh karena itu, agar tidak asal kenyang Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi saat berbuka puasa dan saur.

Berikut adalah makanan-makanan yang dianjurkan untuk menjadi bagian dari menu puasa Anda yang sehat.


Kelapa muda

Anda mungkin ingin mulai menyetok beberapa buah kelapa muda sekarang sebagai menu  berbuka puasa yang menyegarkan sekaligus bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan tubuh setelah perut kosong selama lebih dari 10 jam. Air kelapa muda bisa menambah jumlah ion yang hilang karena tubuh yang kekurangan cairan, ia juga mengandung zat gula yang lebih alami ketimbang teh manis atau sirup botolan. Kelapa muda akan jadi minuman pembuka puasa yang sangat lezat apabila ditambahkan dengan gula jawa yang dicairkan.


Oatmeal


Seringkali orang kelewatan waktu makan saur karena bangun terlambat atau malas untuk menyiapkan makanan. Untuk menyambut bulan Ramadhan 2017 dan agar puasa Anda maksimal hingga sebulan penuh tentu makan saur tidak baik jika ditinggalkan karena ada nilai ibadah dan juga nilai kesehatannya pula.

Jika tidak sempat untuk memasak, Anda bisa mengonsumsi oatmeal yang cara masaknya sudah sangat mudah, bahkan ada yang cukup disiram dengan air panas dan diaduk sampai menjadi bubur. Oatmeal adalah makanan yang dibuat dari gandum yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat. Karbohidrat kompleks akan menjadi cadangan energi yang lebih baik ketimbang nasi, mi,  atau makanan karbohidrat sederhana lainnya dan memberikan efek kenyang yang lebih lama.


Buah-buahan

Tentu untuk menyambut bulan Ramadhan, stok buah-buahan tidak boleh kosong. Buah-buahan bisa sangat membantu untuk menyukseskan puasa Anda karena kandungan vitamin, mineral, dan juga seratnya yang bisa membuat tubuh Anda bertahan.

Buah-buahan juga bisa jadi menu buka puasa atau saur yang nikmat dengan berbagai macam olahan yang seru. Untuk makanan cadangan, Anda bisa menyimpang buah-buah yang bisa tahan lama disimpan misalnya semangka, melon, pepaya, apel atau pir, buah naga, dan jenis buah lainnya.


Produk protein

Tambah asupan protein Anda agar tubuh bisa tetap kuat dan mendapatkan energi selama masa puasa. Pilih sumber protein yang rendah lemak agar asupan kalori Anda bisa terkontrol.

Beberapa makanan sumber protein yang disarankan misalnya adalah daging merah tanpa lemak, ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, yoghurt, keju, dan makanan berprotein lainnya. Susu dan keju bisa menjadi sumber kalsium bagi tubuh Anda untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Susu juga merupakan sumber protein yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sehingga melengkapi proses detoksifikasi selama puasa. Telur juga bisa menjadi sumber protein alternatif sebagai variasi agar tidak terlalu banyak mengonsumsi daging untuk mengendalikan asupan lemak. Itulah beberapa makanan yang bisa Anda stok di kulkas dan di lemari makanan sebagai persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Subscribe to receive free email updates: