Mengajari Anak Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Mengajari Anak Berpuasa Di Bulan Ramadhan
Mengajari Anak Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Mengajari Anak Berpuasa Di Bulan Ramadhan - Anak-anak yang sudah berusia 6 tahun ke atas, agaknya sudah bisa diajak untuk latihan berpuasa di bulan Ramadhan. Karena selama ini ia sudah melihat bagaimana orang tuanya dalam menyambut bulan Puasa Ramadhan dan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, ia juga tentu ingat bagaimana menyenangkannya suasana saat shalat tarawih dan saat lebaran. Anda tentunya harus sabar untuk mengajari anak-anak Anda dalam berpuasa. 

Selain baik untuk membuatnya lebih mengenal agamanya, puasa juga sangat baik untuk membantu anak-anak dalam menahan diri dan mengendalikan dirinya sendiri. Anda sebagai orang dewasa saja terkadang merasa kesulitan untuk menahan nafsu makan ketika dihadapkan oleh cuaca yang panas atau perut yang sangat lapar di bulan puasa.

Begitu pula dengan anak Anda, dengan mengendalikan dirinya maka anak Anda juga akan berlatih untuk lebih berperilaku dengan baik, tidak terlalu agresif dan lain sebagainya. Agar Anda berhasil mengajari anak berpuasa untuk Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 2017 maka Anda bisa melakukan beberapa hal dalam mengajarinya.


Puasa Setengah Hari

Jika tahun ini adalah tahun pertama anak Anda dalam melaksanakan ibadah puasa maka tentunya itu akan menjadi hal yang berat baginya. Jangan paksa anak untuk langsung berpuasa selama seharian penuh karena itu tentunya akan membuatnya merasa lesu dan juga perutnya bisa terasa sakit karena tiba-tiba dipaksa untuk tidak makan selama seharian penuh.

Maka dari itu untuk tahun pertamanya ini Anda bisa mengajarkannya untuk melakukan puasa setengah hari saja sehingga dengan demikian ia bisa lebih kuat di tahun selanjutnya. Puasa setengah hari juga bisa menjadi pengukur kekuatan anak Anda, apakah kira-kira di tahun depan ia sudah bisa diajak untuk puasa penuh atau belum.

Jika sejak pagi saja ia sudah merengek-rengek untuk membatalkan puasanya maka tentunya itu berarti ia masih belum kuat. Maka dari itu pastikan ia makan banyak pada saat sahur dan untuk mensiasati agar ia semangat bangun sahur maka Anda bisa memberikan menu yang lezat kesukaannya dan mengajaknya untuk tidur lebih awal.


Ajak Anak Melakukan Kegiatan Bermanfaat

Jika pada bulan puasa ini di sekolah anak Anda akan melaksanakan pesantren kilat maka pastikan agar anak Anda turut ikut serta dalam kegiatan tersebut, selain anak Anda bisa mendapat pengetahuan baru, ia juga bisa merasa senang menyambut bulan puasa Ramadhan karena di bulan puasa ini ia bisa bertemu dengan teman-temannya yang lain yang juga melaksanakan ibadah puasa  sama seperti dirinya sehingga dengan begitu anak Anda pun merasa senang bahwa teman-temannya juga melakukan ibadah puasa. Bahkan terkadang anak-anak akan termotivasi jika melihat temannya yang lain sudah berpuasa dengan penuh, tentunya ia tidak ingin kalah dari temannya bukan?


Beri Hadiah Kecil Di Hari Lebaran

Agar anak Anda selalu mengingat segala ibadah dan amalan yang ia lakukan dalam Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 2017 ini maka pada saat lebaran nanti, Anda siapkan hadiah untuknya sebagai apresiasi bagaimana baiknya ia menjalani ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan kali ini. Sehingga dengan demikian ia makin semangat lagi dalam menyambut bulan Ramadhan di tahun depan.

Anak-anak memang harus diberikan motivasi dan hadiah itu bisa menjadi motivasi yang sangat baik untuk anak Anda dalam mencintai bulan Ramadhan. Selain itu belikan baju baru untuknya sehingga bertambahlah semangatnya.

Subscribe to receive free email updates: