Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Bersama Anak

Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Bersama Anak
Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Bersama Anak

Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Bersama Anak - Meski anak Anda belum diwajibkan untuk berpuasa dalam bulan Ramadhan namun ada baiknya sedari dini Anda mengenalkan pada anak tentang bulan Ramadhan, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat menyenangkan dan sangat baik manfaatnya bagi umat muslim. Anda sudah harus menceritakan kepada anak Anda sejak dini tentang bulan Ramadhan dengan bahasa yang bisa ia mengerti

Anda juga baiknya menambah kegiatan anak Anda pada bulan Ramadhan dengan mengaji di masjid setiap sore atau mengajaknya shalat tarawih. Jika anak Anda terus menunjukkan sikap yang baik selama bulan Ramadhan maka jangan lupa untuk beri ia hadiah. Hadiah bisa memicunya untuk mencintai bulan Ramadhan dan kembali menanti datangnya bulan Ramadhan tahun depan. Anda harus bisa menyambut bulan puasa Ramadhan ini bersama dengan anak Anda.


Perkenalan Sejak Jauh Hari

Anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang, sangat mudah untuk diberi pelajaran baru. Terlebih jika anak Anda adalah anak yang selalu ingin tahu maka hal itu bisa menjadi keuntungan untuk Anda yang ingin mengajarkan anak Anda untuk dapat bersama-sama mengenal dan menyambut bulan puasa Ramadhan.

Dengan begitu ia akan merasa penasaran dengan puasa, merasa penasaran dengan lebaran dan apa saja yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada baiknya Anda melakukan perkenalan dengan bulan Ramadhan pada anak ini dengan menggunakan bahasa yang lebih ia mengerti.

Katakan mengapa kita harus berpuasa, apa yang baik dari melakukan puasa dan lain sebagainya. Ceritakan padanya terutama pada saat Anda menemaninya untuk tidur di malam hari atau di waktu apa saja yang Anda rasa tepat.


Siapkan Dengan Riang Gembira

Agar Anak Anda selalu dapat mengenang tentang indahnya bulan Ramadhan, maka dalam menyambut bulan puasa Ramadhan dan seterusnya, kondisikanlah agar Anda dan keluarga menyambut serta mempersiapkannya dengan riang gembira sehingga hal tersebut bisa terus diingat oleh anak Anda bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat menyenangkan karena orang tuanya pun begitu semangat untuk menyambut bulan Ramadhan.

Ajak anak Anda untuk berbelanja barang-barang yang akan Anda gunakan di bulan Ramadhan nanti, ajak juga anak Anda untuk mendekorasi rumah menjadi lebih cantik, kemudian pada saat sudah dekat dengan Lebaran nanti, Anda juga harus mengajak anak Anda untuk membuat kue bersama-sama agar Ramadhan benar-benar terasa menyenangkan baginya.


Atur Jam Tidur Anak

Kalau pun anak Anda belum bisa diajak berpuasa, namun ada baiknya ia ikut bangun saat melaksanakan sahur. Ini bisa menjadi saat yang baru bagi anak Anda untuk mengenal puasa, dimana orang tuanya bangun di pagi hari saat matahari bahkan belum terbit untuk makan bersama-sama.

Agar anak Anda bisa bangun sahur maka ajaklah ia untuk tidur dengan waktu yang lebih cepat dari biasanya. Namun agar anak Anda juga tidak terlalu mengantuk sebaiknya waktu sahur Anda akhirkan menjadi sejam sebelum subuh sehingga Anda dan keluarga tidak terlalu lama menunggu waktu subuh.

Hal ini juga merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Jika tahun ini dalam menyambut bulan Puasa Ramadhan anak Anda sudah mau diajak berpuasa, maka sebaiknya agar ia bisa berpuasa dengan baik, meski pun belum bisa sehari penuh, Anda jangan sembarangan meletakkan makanan atau minuman yang dapat dilihat atau dijangkau oleh anak Anda, ini adalah bentuk pendukung untuk membuatnya bisa lebih baik dalam berpuasa.

Subscribe to receive free email updates: