Persiapan Fisik Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Persiapan Fisik Untuk Menyambut Bulan Ramadhan
Persiapan Fisik Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

Persiapan Fisik Untuk Menyambut Bulan Ramadhan - Puasa adalah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim pada masa bulan Ramadhan sebelum akhirnya masuk ke bulan Syawal. Menahan nafsu, menahan lapar dan haus seharian, sebenarnya justru membawa manfaat kesehatan yang sangat baik karena selama puasa, pencernaan kita akan melakukan proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun secara alami tanpa harus menggunakan obat-obatan detoksifikasi. 

Namun, apabila fisik tidak dipersiapkan dengan baik, tubuh akan mengalami kebingungan karena mendadak tidak diisi makanan dan minuman seharian sehingga manfaat kesehatan yang seharusnya dirasakan jadi tidak maksimal. Terlebih bagi yang punya pencernaan sensitif misalnya Anda yang punya penyakit maag, diabetes, atau penyakit lainnya.

Maka dari itu, lakukan persiapan fisik untuk menyambut bulan Ramadhan sehingga penderita maag, diabetes, atau kondisi fisik lainnya bisa aman dalam menjalankan puasa penuh.


Konsultasikan ke dokter

Persiapan fisik menyambut bulan Ramadhan yang sebaiknya Anda lakukan terutama yang punya penyakit atau sedang dalam masa pengobatan dan penyembuhan adalah berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasikan perihal kesiapan dan kemampuan kondisi tubuh Anda untuk menjalani puasa, makanan dan minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari saat berbuka dan saur, adakah obat atau suplemen yang sebaiknya dikonsumsi, dan perlukah kontrol ke dokter selama puasa. Hal ini sangat penting agar manfaat puasa bisa Anda rasakan dan tidak mendatangkan bahaya apabila dilakukan dengan salah.


Kontrol porsi makan

Puasa di bulan Ramadhan artinya nantinya Anda tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman mulai dari matahari terbit hingga matahari kembali terbenam. Jika pencernaan tidak terbiasa dikosongkan seperti itu, pencernaan bisa kaget dan menimbulkan reaksi yang bisa merugikan Anda misalnya tubuh  terasa lemas, asam lambung yang naik, dan sebagainya.

Sebagai persiapan fisik menyambut puasa, sebaiknya mulai mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit agar tubuh terbiasa dengan asupan kalori yang menurun. Hentikan kebiasaan ngemil di siang hari, kurangi asupan makanan yang banyak mengandung garam karena garam bisa menyedot kadar air di dalam tubuh dan membuat Anda gampang haus nantinya.


Olah tubuh sebelum puasa

Perbaiki sistem peredaran darah Anda untuk menyambut bulan Ramadhan terutama bagi yang jarang berolahraga. Peredaran darah yang lancar penting saat puasa karena darah membawa nutrisi dan oksigen yang harus disalurkan ke seluruh tubuh.

Jika tidak lancar, maka organ tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang semestinya dan membuat Anda cepat lemas saat puasa. Melancarkan peredaran darah bisa dilakukan dengan cara jogging, meditasi atau yoga, maupun olahraga lainnya, kemudian banyak minum air putih, dan juga banyak makan buah-buahan.

Memperbaiki pola tidur yang sebelumnya hanya tidur beberapa jam saja sebaiknya ditambah jam tidurnya karena tubuh yang kurang tidur akan kekurangan energi karena tidak memberi kesempatan yang cukup pada tubuh untuk melakukan proses metabolisme.


Hindari makanan yang meningkatkan asam lambung

Asam lambung yang naik adalah musuh saat menjalankan ibadah puasa. Karena asam lambung yang naik, perut bisa terasa perih, bisa menimbulkan rasa mual, dan bahkan bisa berbahaya apabila tidak diisi dengan makanan.

Sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan, siapkan kondisi pencernaan Anda dengan makanan-makanan yang tidak merangsang naiknya asam lambung. Makanan yang sebaiknya dihindari antara lain adalah makanan yang terlalu pedas, durian, makanan-makanan yang asam, dan juga minum minuman yang mengandung soda dan kafein.

Subscribe to receive free email updates: