Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Agar Tidak Keteteran

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Agar Tidak Keteteran
Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Agar Tidak Keteteran

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan Agar Tidak Keteteran - Bahagianya umat muslim di seluruh dunia karena sebentar lagi bulan Ramadhan akan kembali ke kehidupan kita. Bulan Ramadhan yang akan jatuh pada menjelang akhir bulan Mei sudah semakin dekat dan artinya Anda harus mulai mempersiapkan segala kebutuhan dan juga mental untuk diri sendiri dan keluarga agar ibadah wajib puasa selama sebulan bisa terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal.

Berbagai macam persiapan menyambut bulan Ramadhan harus segera dilakukan misalnya untuk persiapan fisik agar sebisa mungkin puasanya penuh, persiapan bahan makanan karena Anda pasti sudah hapal dengan naiknya harga pangan di masa ini, persiapan harta untuk zakat dan sedekah, dan persiapan lainnya.


Persiapan fisik

Hal pertama yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah dengan persiapan fisik. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan mempersiapkan tubuh untuk berpuasa dengan memberikan nutrisi dan air yang pas dengan kebutuhan badan agar saat puasa tubuh Anda tidak kekurangan nutrisi dan gampang dehidrasi. Persiapan fisik juga bisa dilakukan dengan mulai membiasakan diri untuk bangun sebelum subuh, lebih banyak mengaji, dan lebih banyak berzikir.


Bersih-bersih rumah

Momen menjelang hari raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan orang untuk bebersih rumah untuk persiapan open house saat liburan nanti. Untuk menghemat tenaga dan tidak mengganggu ibadah puasa Anda, kegiatan bersih-bersih ini bisa dilakukan sebelum Ramadhan datang.

Misalnya membersihkan rumah dari segala barang yang sudah tidak dipakai, memperbarui cat atau memperbaiki bagian rumah yang rusak, mencuci semua pakaian ibadah agar siap dipakai dalam keadaan bersih, dan sebagainya. Jika sudah dicicil jauh-jauh hari pastinya kegiatan bersih-bersih ini tidak terlalu membebani dan tidak mengganggu ibadah puasa Anda.


Persiapkan zakat dan sedekah

Bulan Ramadhan tidak hanya diisi dengan ibadah wajib puasa seharian, namun juga ada kewajiban bagi yang sudah berpenghasilan untuk menyisihkan hartanya dalam bentuk zakat mal. Hitung zakat mal yang harus dikeluarkan dari keluarga Anda, bisa disalurkan melalui badan zakat mal yang ada di lingkungan Anda atau badan zakat mal nasional, bisa juga langsung diberikan kepada kaum yang membutuhkan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Persiapan menyambut bulan Ramadhan ini sangat penting karena kebanyakan orang menunda memberikan zakat mal menjelang akhir Ramadhan, tidak jarang yang kelupaan, tidak jarang pula yang budgetnya sudah digunakan untuk persiapan lebaran.


Stok bahan makanan

Menu buka puasa yang dianjurkan adalah makanan dengan kandungan nutrisi yang bisa mengembalikan kebutuhan tubuh yang tidak didapatkan seharian. Karena itu bahan-bahan makanan segar harus tetap disediakan. Namun, untuk saat-saat darurat, misalnya terlambat bangun untuk saur atau sedang tidak bisa menyiapkan menu berbuka yang membutuhkan proses memasak yang panjang, makanan-makanan cepat saji bisa jadi menu alternatif asalkan tidak terlalu sering.

Bahan-bahan makanan yang sudah mulai bisa distok untuk menyambut bulan Ramadhan misalnya mi instan, sarden kalengan, pasta kering, sirup, makanan beku seperti sosis, nugget, bakso, dan berbagai makanan yang bisa disimpan lama lainnya.


Persiapan perjalanan mudik

Bagi Anda yang ingin mudik pulang kampung saat lebaran nanti, persiapannya juga sudah bisa dimulai sejak mendekati bulan Ramadhan. Persiapan yang bisa dilakukan misalnya adalah dengan mencari tiket transportasi untuk pulang dan balik karena biasanya selalu ludes terjual dalam waktu singkat, jika ingin mudik dengan kendaraan pribadi segera disiapkan kendaraannya untuk menempuh perjalanan karena biasanya bengkel penuh menjelang lebarang, persiapan pakaian yang akan dibawa agar nantinya packing tidak repot, persiapan cari oleh-oleh, dan sebagainya.

Demikian adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Subscribe to receive free email updates: