Persiapan-Persiapan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Persiapan-Persiapan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan
Persiapan-Persiapan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

Persiapan-Persiapan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan - Bulan Ramadhan menjadi yang paling dirindukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, pada bulan penuh berkah tersebut ada jutaan nikmat yang Allah janjikan untuk hamba-hambaNya, sehingga sudah seharusnya kedatangan bulan suci ini dapat memberikan perubahan positif untuk kita khususnya dalam memperbaiki diri dan semakin meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah serta sebisa mungkin melakukan banyak amal kebaikan kepada sesama makhluk Allah.


Mengingat bulan Ramadhan sudah semakin dekat maka ada baiknya Anda sudah mulai mempersiapkan diri. Sebagai referensi berikut ini adalah persiapan menyambut bulan puasa Ramadhan 2017, semoga dapat bermanfaat.


Persiapkan Ibadah-Ibadah yang Akan dilakukan dibulan Ramadhan

Di bulan suci umat muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak amal baik dan meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah. Puasa dan solat tarawih menjadi ibadah-ibadah yang hanya ditemui pada bulan suci Ramadhan, namun sebenarnya masih banyak lagi ibadah-ibadah penuh hikmah lainnya yang bisa Anda dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Agar tidak ada ibadah yang terlewatkan karena lupa, dalam menyambut bulan Ramadhan ini sebaiknya Anda mulai mempersiapkan berbagai ibadah-ibadah yang akan dilakukan pada bulan Ramadhan seperti melakukan i’tikaf, menghadiri majelis-majelis ilmu dan sebagainya. Persiapan ini juga bertujuan agar dalam pelaksanaannya ibadah yang dilakukan dapat mencapai hasil optimal dan ridho dari Allah SWT.


Persiapkan Fisik yang Prima

Bulan Ramadhan biasanya identik dengan tenaga yang lebih terkuras dan kurang tidur, hal ini tidak terlepas dari adanya perpindahan waktu makan dan minum serta waktu tidur yang juga ikut bergeser atau bahkan berkurang dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Untuk mencegah fisik cepat lelah hingga membuat kita menjadi malas beraktivitas, sangat penting untuk mempersiapkan fisik yang prima, salah satunya adalah dengan rutin berolahraga.


Persiapkan Bahan Makanan Pokok

Tidak tahu kenapa pada bulan Ramadhan seringkali kita dikejutkan dengan naiknya beberapa bahan pokok. Meskipun Pemerintah sudah menjamin harga barang-barang pokok stabil hingga menjelang bulan Ramadhan namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala kemungkinan.

Dalam hal ini kita dituntut untuk dapat mengelola uang belanja dengan baik agar berbagai kebutuhan bisa terpenuhi. Buatlah daftar bahan makanan pokok yang hendak dibeli dan rencanakan pula menu spesial Anda yang akan disajikan untuk orang-orang tercinta. Adapun bahan makanan yang sudah dibeli seperti daging dapat disimpan di dalam freezer agar masa simpannya menjadi lebih lama dan tetap fresh saat akan dimasak.


Persiapkan Keperluan Umroh

Bagi Anda yang hendak melaksanakan ibadah umroh pada bulan Ramadhan, persiapan menyambut bulan puasa Ramadhan pastinya akan berbeda jika Anda melakukan ibadah puasa di tanah air. Oleh karena itu untuk memastikan berbagai ibadah yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar, persiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

Sangat penting untuk mencari tahu mengenai situasi yang sedang terjadi di mekkah khususnya yang berkaitan dengan suhunya, hal ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan barang bawaan yang sekiranya dibutuhkan selama melaksanakan ibadah umroh di tanah suci.


Membayar Puasa atau Fidyah


Kerena beberapa alasan orang-orang tertentu terpaksa membatalkan atau tidak berpuasa di bulan Ramadhan, sebutnya karena sedang datang bulan, sakit atau ibu hamil atau ibu menyusui yang kondisi memang tidak memungkinkan untuk berpuasa.

Untuk menyambut bulan puasa Ramadhan ini, di wajibkan bagi kita yang masih memiliki hutang puasa untuk menyelesaikan kewajibannya itu dengan berpuasa atau membayar fidyah sesuai dengan jumlah batal puasa pada bulan Ramadhan kemarin.

Subscribe to receive free email updates: