Serba Serbi Ramadhan

Serba Serbi Ramadhan
Serba Serbi Ramadhan
Serba Serbi RamadhanSerba serbi ramadhan seakan menjadi bumbu yang tak terpisahkan di tiap tahunnya. Serba serbi ramadhan meliputi ciri khas bulan ini yang membedakan dengan bulan-bulan yang lainnya. 

Bulan ramadhan adalah bulan paling terkenal dan paling suci dalam kalender umat islam. Bulan ramadhan menjadi bulan yang menarik karena memiliki beberapa perbedaan dengan bulan yang lainnya. 

Sehingga membahas tentang serba serbi ramadhan terasa sangat menyenangkan karena dari kecil sudah ditanamkan agenda-agenda yang akan dilakukan pada bulan ramadhan. Lantas apa saja serba serbi ramadhan sehingga membuatnya terkenal dan menjadi ciri khas tersendiri?


  • Puasa Selama Satu Bulan Penuh
    Puasa adalah menahan rasa lapar dan haus mulai dari terbitnya matahari sampai terbenanmnya matahari. Dalam islam hukum melaksanakan ibadah ini adalah wajib dan harus dilakukan sehingga tidak seperti di bulan lainnya yang bebas untuk makan dan minum, di bulan ini umat muslim harus menahan dirinya dari makan dan minum selama kurang lebih 12 jam.

    oleh karena itu banyak kantor atau perusahaan yang memberikan dispensasi atau waktu kerja khusus ketika sedang berada pada bulan ramadhan karena dikhawatirkan karyawan didalamnya kehabisan tenaga dan tidak bekerja dengan maksimal.

  • Berbuka Puasa Bersama
    Salah satu momen yang paling seru dan ditunggu-tunggu adalah ketika waktu berbuka puasa atau waktu boleh membatalkan puasa. Adzan magrib sebagai tanda diperbolehkannya makan setelah berpuasa seharian menjadi keunikan dan keseruan tersendiri dimana banyak warung makanan, café, hingga di rumah beramai-ramai untuk makan bersama keluarga yang tentunya tidak akan didapati pada bulan lainnya.

    Bahkan saat ini momen berbuka puasa dijadikan ajang temu kangen atau agenda reuni untuk bertemu dengan sahabat-sahabat lama baik dilingkungan sekolah atau di lingkungan kerja.

  • Makan Sahur
    Sahur adalah titik awal di mulainya puasa. Sahur adalah waktu yag diberikan untuk mengisi perut dengan makanan yang nantinya diharapkan  bisa bertahan untuk digunakan beraktifitas. Sahur harus dilakukan sebelum subuh karena awal mula tidak diperbolehkan untuk makan dan minum adalah ketika adzan subuh.

    Oleh karena itulah sahur menjadi momen penting untuk makan bersama sebelum melakukan ibadah puasa agar bisa bertahan dan lebih bersemangat dalam menjalani ibadah puasa walaupun terkadang makan sahur masih lemas akibat efek abru bangun tidur.


  • Sholat Tarawih Berjama’ah
    Nah untuk ibadah yang satu ini memang tidak akan ditemui di bulan-bulan yang lainnya. Sholat tarawih merupakan sholat berjamaah yang dilakukan setelah melaksanakan sholat isya.

    Tak heran jika ketika ramadhan masjid dan mushola penuh sesak dengan jamaah yang ingin melakukan ibadah sholat ini. sholat tarawih seakan menjadi magnet bagi semua orang muslim untuk datang berbondong-bondong menuju ke masjid.

  • Membayar Zakat WajibSalah stau hikmah dari bulan ramadhan adalah selain untuk ikut merasakan bagaimana rasa lapar dan haus yang dialami oleh orang yang tidak memiliki kemampuan membeli makanan dan minuman, di bulan ramadhan kita juga diajari untuk saling berbagi makanan pokok yang ada di wilayah tersebut.

    Setiap orang muslim wajib dan harus memberikan beberapa liter beras untuk dibagikan pada orang-orang yang tidak mampu sehingga bisa ikut merayakan kebahagiaan di bulan ramadhan.


Dengan saling berbagi ini, islam menyiratkan untuk selalu peduli pada lingkungan sosial yang lebih membutuhkan uluran tangan kita. itulah beberapa perbedaan dan keunikan yang selalu menjadi topik dalam serba serbi ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: