Waktu Terkabulnya Doa Pada Bulan Ramadhan

Waktu Terkabulnya Doa Pada Bulan Ramadhan
Waktu Terkabulnya Doa Pada Bulan Ramadhan
Waktu Terkabulnya Doa Pada Bulan RamadhanBulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu kehadirannya oleh seluruh umat muslim. Bukan hanya ajang untuk mengenal dan mensyukuri berkah hidup yang telah diberikan Allah untuk semua hambanya, bulan suci ini juga merupakan bulan terbaik dari seribu bulan yang ditunggu umat muslim di seluruh penjuru dunia dalam rangka mendekatkan diri pada Sang Pencipta Allah SWT. 

Salah satu caranya ialah dengan bersimpuh dan memanjatkan segala doa kepada Allah SWT atas segala karunia maupun atas segala harapan yang belum tercapai. Perlu anda ketahui, pada dasarnya terdapat beberapa waktu yang memiliki keutamaan dan keistimewaan dalam memanjatkan doa agar lebih cepat dijabah oleh Sang Pencipta. 


Anda penasaran, maka simak ulasan lengkapnya berikut ini.


3 Waktu Terkabulnya Doa Pada Bulan Ramadhan


Ada tiga waktu yang diyakini sebagai waktu  terkabulnya doa khusus selama bulan Ramadhan. Maka dari itu, raihlah keutamaan tersebut dengan cara terus memperbanyak doa dan amalan lainnya selama bulan suci Ramadhan.

  • Waktu Sahur
    Setiap umat muslim yang melakukan ibadah puasa pada dasarnya akan melakukan makan sahur. Dan perlu anda ketahui, waktu sahur inilah yang harus benar-benar anda manfaatkan untuk memperbanyak segala amalan sunnah.

    Hal ini dikarenakan pada waktu sahur, barang siapa yang memanjatkan doa dan permohonan kepada Allah akan segera dikabulkan. Begitu pula bagi yang ingin memohon pengampunan, maka waktu sahur ialah waktu terbaiknya.

  • Waktu Berpuasa
    Dalam sebuah hadits telah dijelaskan jika terdapat 3 orang yang doanya itu akan dijabah dan tidak akan tertolak, yaitu doa oarang yang teraniaya, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang berpuasa hingga ia berbuka.

    Sehingga alangkah baiknya, anda memanfaatkan waktu sahur anda untuk memperbanyak doa-doa untuk kepentingan dunia dalam memenuhi segala hajat hidup serta akhirat untuk mendapatkan segala keberkahan dan ridha Sang Pencipta untuk kesejahteraan di dunia selanjutnya.

  • Waktu Berbuka Puasa
    Berbuka merupakan bagian penting dari pelaksanaan ibadah puasa. Dan perlu anda ketahui, ternyata waktu berbuka merupakan waktu terkabulnya doa seseorang dengan cepat dan mudah. Doa orang berbuka mudah dijabah oleh Allah karena waktu berbuka merupakan waktu setiap umat muslim sukses menyelesaikan ibadah puasanya dalam keadaan patuh dan tunduk untuk merendahkan diri terhadap perintah Allah SWT.


Berkah Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan ialah bulan seribu bulan yang memiliki sejuta keberkahan dan keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Berikut ini beberapa kerberkahan untuk melaksanakan ibadah puasa:

  1. Ramadhan ialah bulan pengampunan yang sangat diberkati oleh seluruh umat muslim. Pada bulan suci ini, semua kesalahan dan dosa manusia bisa dihapuskan dan diampuni oleh Allah SWT. Hampir semua umat muslim menginginkan bulan puasa sebagai bulan penguatan iman agar bertambah sebagai bekal untuk waktu-waktu berikutnya. Maka dari itu, anda harus memanfaatkan bulan suci ini dengan memohon ampun sebanyak-banyaknya kepada Sang Maha Pemurah dan Maha Pengampun;
  2. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki satu malam istimewa yang tidak bisa dijumpai pada bulan-bulan lainnya, yaitu malam Lailatul Qadar namanya;
  3. Pada bulan suci ini, pintu-pintu surga akan dibuka dan sebaliknya pintu-pintu neraka akan ditutup bersamaan dengan syaitan yang dibelenggu. Ini merupakan suatu berkah dan keutamaan bulan Ramadhan yang bermanfaat untuk kebutuhan duniawi dan ukhrawi yang harus disyukuri oleh seluruh umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.



Subscribe to receive free email updates: