10 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadhan

10 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadhan
10 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadhan

10 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Suci RamadhanTips sehat berpuasa. Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, selama 12 jam kurang lebih kita harus menahan haus dan lapar, serta harus menahan hawa nafsu selama sebulan penuh. Ketika berpuasa tak lantas membuat tubuh menjadi lemah dan lesu. 

Selama bulan ramadhan, pola makan pun berubah, dan tentunya perlu disiasati supaya tubuh tetap sehat saat beraktivitas di siang hari selama Anda berpuasa. Apalagi sesudah melewati bulan suci ramadhan, di samping lebih mendekatkan diri pada Allah Swt, maka kita juga tentunya akan lebih sehat dibandingkan sebelumnya. 

Maka dari itu, Anda harus mengetahu tips-tips sehat saat berpuasa.

Kiat-Kiat Sehat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Agar tubuh lebih sehat dan bugar saat berpuasa di bulan ramadhan, ada beberapa tips sehat berpuasa yang wajib Anda ikuti berikut ini:

  1. Sahur Itu Penting
    Sahur adalah serangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan yang amat dianjurkan. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yang menganjurkan kita untuk melaksanakan sahur, sebab dalam sahur tersebut ada berkah yang amat besar.

  2. Menyantap Makan Sahur di Akhir Waktu
    Penting sekali untuk mengatur waktu saat menyantap makan sahur pada akhir-akhir waktu sahur. Tak hanya bermanfaat menunjang puasa di siang hari saja, tetapi makan sahur saat akhir waktu sahur lebih diutamakan sesuai dengan sunnah Rasul.

  3. Makan Porsi Normal
    Tips sehat berpuasa berikutnya adalah menyantap makanan dengan porsi normal ketika berpuasa dan jangan berlebihan. Sebaiknya Anda lebih fokus mengonsumai makanan dengan berprotein dan mengandung karbohidrat kompleks, dilengkapi sayuran dan buah-buahan.

    Dimana menyantap makanan dengan kandungan banyak air saat sahur sangat baik bagi hidrasi tubuh ketika Anda menjalankan puasa sepanjang hari.

  4. Lengkapi Nutrisi Tubuh Dengan Susu Saat Sahur
    Agar badan tetap sehat dan bugar selama berpuasa, Anda bisa mengakhiri sahur dengan meminum 1 gelas susu sebagai pelengkap nutrisi dalam tubuh. Minumlah multivitamin atau suplemen yang biasa dikonsumsi atau sesuai yang dianjurkan oleh dokter.

  5. Membatasi Makanan dan Minuman Banyak Gula
    Untuk mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah saat puasa, sebaiknya batasi asupan makanan ataupun minuman yang manis dengan kandungan banyak gula. Sebab hal ini tak hanya bisa memicu meningkatnya kadar gula dalam darah, selain itu juga bisa menjadikan tubuh terasa lemas saat siang hari.

  6. Konsumsi Air Putih Yang Cukup
    Sebelum tiba waktu imsak, sebaiknya minum air putih yang cukup, sebanyak 3-5 gelas. Alangkah baiknya untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi sebab bersifat diuretic, serta bisa memicu kehilangan cairan tubuh lebih cepat lewat urin.

  7. Kurangi Aktivitas Fisik
    Jika Anda ingin tetap bugar di siang hari saat berpuasa, sebaiknya hindari terpapar di teriknya sinar matahari terlalu lama dan kurangi segala aktivitas fisik Anda untuk meminimalisir rasa capek dan lelah.

  8. Istirahat Yang Cukup
    Jika Anda memiliki waktu senggang di siang hari, tak ada salahnya untuk beristirahat sejenak, untuk menggantu waktu istirahat Anda yang kurang sebab bangun tidur lebih awal saat sahur. Adapun waktu paling tepat melakukan istirahat yaitu waktu sesudah menjalankan sholat Dzuhur.

  9. Hindari Makanan Yang Digoreng Berlebihan
    Tips sehat berpuasa di bulan suci ramadhan berikutnya adalah hindari mengonsumsi makanan yang digoreng atau camilan gorengan secara berlebihan, batasi pula konsumsi makanan pedas supaya perut tidak mules ataupun terganggunya sistem pencernaan tubuh.

  10. Olahraga
    Walaupun tengah berpuasa, tak berarti Anda harus berhenti menjalankan olahraga. Sebaiknya lakukan olahraga yang ringan dan tak terlalu menguras banyak tenaga, misalnya saja dengan melakukan tenis meja, berjalan kaki, atau melakukan senam ringan. Olahraga bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah pada tubuh.


Demikian 10 tips sehat berpuasa saat bulan ramadhan yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh bugar setiap saat!


Subscribe to receive free email updates: