5 jenis makanan sehat untuk berbuka puasa

5 jenis makanan sehat untuk berbuka puasa
5 jenis makanan sehat untuk berbuka puasa

5 jenis makanan sehat untuk berbuka puasa - Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim. Puasa identik dengan menahan lapar dan harus walaupun bukan hanya itu saja tapi keutamaan bulan puasa adalah menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa yaitu dari segi rohani dan jasmani. Biasanya ketika berbuka menjadi waktu paling menyenangkan untuk umat muslim kenapa? karena saat itu banyak makanan buka puasa yang disajikan. 

Pernah merasakan sakit perut atau rasa perut tidak enak setelah berbuka puasa? Kesalahan perut itu tidak lain dan tidak bukan karena salah makan, ketika berbuka puasa mata seakan sangat lapar, keinginan untuk memasukan makanan ke mulut sangat besar, hasilnya semua makanan begitu saja masuk.

Hal ini jelas tidak baik perut dalam kondisi kosong ketika berbuka puasa, kadar asam dalam lambung tinggi, organ-organ pencernaan dalam keadaan istirahat sementara, ketika berbuka puasa makanan masuk begitu saja tanpa di kontrol hasilnya bukan metabolisme lebih lancar tapi malah menumpuk banyak sampah dalam tubuh.

Mengatasi masalah di atas sebaiknya saat berbuka puasa kita memakan makanan sedikit dulu. Adapun makanan yang baik di konsumsi saat berbuka puasa yaitu:

1.  Makanan manis

Kurma dan madu menjadi makanan yang paling banyak di cari ketika berbuka puasa. Keduanya memiliki manfaat untuk mengembalikan energi yang telah habis karena berbuka seharian


  • Memakan kurma untuk buka puasa adalah sunnah nabi Muhammad SAW. Memakan dua butir kurma dan segelas air putih sudah cukup untuk berbuka puasa setelah itu dilanjutkan sholat magrib dan barulah makan berat setelahnya. Kurma mengandung banyak manfaat karena mengandung glukosa, sukrosa dan fruktosa serta kandungan kalorinya rendah, dengan kandungannya itu kurma bisa mengembalikan energi yang telah hilang setelah seharian berpuasa.
  • Madu juga baik digunakan untuk menu berbuka puasa. Madu memiliki kandungan vitamin, kalsium, kalium, zat besi, sulfur, mangan, dan magnesium. Madu membantu melancarkan metabolisme serta gangguan pencernaan. Gula yang terkandung di dalamnya fruktosa dan glukosa mudah diserap oleh tubuh.

2.  Pembersih tubuh

Puasa adalah cara untuk mendetox tubuh secara alami, ketika berpuasa tubuh kekurangan banyak cairan dengan begitu ketika berbuka dianjurkan untuk minum air putih untuk mengembalikan tubuh agar kembali normal.

3.  Buah-buahan

Ketika berbuka yang dianjurkan adalah mengonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, makanan yang mudah dicerna oleh tubuh adalah buah-buahan.


  • Pilih buah yang mengandung banyak air misalnya anggur, semangka, melon dan lainya karena dengan itu sekaligus untuk mengatasi dehidrasi.
  • Kaya serat, untuk memperbaiki pencernaan seperti pepaya dan pisang.

4.  Sayuran

Lambung saat baru berbuka puasa ukurannya sangat kecil serta enzim pencernaan yang ada salam tubuh jumlahnya berkurang, sehingga kita perlu makanan yang mudah dicerna oleh tubuh salah satunya adalah sayuran hijau. Mengapa sayuran hijau? Karena sayuran hijau mengandung banyak nutrisi (serat, mineral, protein, zat besi dan vitamin). Nutrisi yang ada pada sayuran hijau membantu tubuh untuk bisa mencerna makanan dengan baik.

5.  Sumber protein

Sumber protein juga harus kita konsumsi untuk berbuka puasa bukan hanya susu tapi juga bisa dengan telur. Telur mudah dicerna oleh tubuh karena memiliki kandungan 9 asam amino dan enam gram protein.

Penting untuk kita bisa menjaga pola makan ketika sedang berbuka, jangan sampai karena kita gelap mata melihat banyak makanan membuat kita tidak mampu mengontrol pola makan dengan baik.


Subscribe to receive free email updates: