5 Kesalahan di Bulan Suci Ramadhan Yang Sering Dilakukan

5 Kesalahan di Bulan Suci Ramadhan Yang Sering Dilakukan
5 Kesalahan di Bulan Suci Ramadhan Yang Sering Dilakukan

5 Kesalahan di Bulan Suci Ramadhan Yang Sering DilakukanKesalahan di bulan suci ramadhan yang sering dilakukan. Saat bulan suci ramadhan tiba, seluruh umat islam yang ada di seluruh dunia pun mulai menunaikan ibadah puasa. 

Setiap umat muslim tentu tahu bahwa selama berpuasa, dilarang minum atau makan apapun. Namun sebenarnya, tak hanya menahan lapar saja yang tak boleh dilakukan. Selain dilarang makan ataupun minum, umat muslim yang sedang berpuasa juga harus melakukan hal-hal yang baik untuk menambah pahala di samping pahala menjalankan puasa. 

Hanya saja, tak sedikit orang yang kerap melakukan kesalahan saat menjalankan puasa di bulan suci ramadhan. Hal ini tentunya bisa mengurangi pahala atau bahkan membuat puasa kita jadi sia-sia.

Kesalahan di Bulan Suci Ramadhan Yang Wajib Dihindari

Agar bulan suci ramadhan lebih terasa, dan pahala yang kita dapatkan pun tidak sia-sia tentu kita harus menghindari beberapa kesalahan di bulan suci Ramadhan yang kerap kali dilakukan, seperti berikut ini :

  1. Tak Memahami Hukum-Hukum Puasa dan Tak Berniat Menanyakannya
    Dalam firman Allah Swt yang terkandung di surat An-Nahl ayat 43, dianjurkan setiap manusia berkewajiban untuk mencari sesuatu dan bertanya tentang segala hal yang berkaitan dengan pengetahuan agama kepada orang yang ahli. Selain itu, Rasulullah SAW pun bersabda bahwa siapa saja yang dikehendaki Allah Swt, maka ia akan dipahamkan urusan agamanya.

    Sama halnya dalam urusan puasa, kita tentu harus mengetahui hukum-hukum di bulan suci ramadhan, segala hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jika kita tidak mengetahuinya sebaiknya bertanya pada ustad atau orang yang ahli di bidangnya.

    Hal ini tentunya untuk menambah kekhusyukan kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

  2. Menyambut Ramadhan Dengan Bermain-Main Bahkan Hura-Hura
    Kesalahan ini seringkali dilakukan umat muslim secara sadar ataupun tidak disadari. Padahal yang semestinya dilakukan yaitu menyambut bulan suci ramadhan dengan bersyukur dan berdzikir kepada Allah Swt, sebab Allah telah memberi kesempatan untuk bertemu kembali bersama bulan mulia ini. Kemudian hendaknya kita bertaubat secara sungguh-sungguh, dengan menyambut datangnya bulan Ramadhan.

  3. Bertaubat Hanya di Bulan Suci Ramadhan
    Sebagian dari kita memang ada yang bertaubat, puasa dan shalat saat di bulan suci ramadhan. Namun jika bulan Ramadhan sudah berlalu, kembali meninggalkan ibadah shalat, bahkan melakukan perbuatan maksiat kembali.

    Maka celakalah golongan orang-orang seperti ini, karena mereka yang tak mengenal Allah Swt, terkecuali hanya di bulan suci Ramadhan Saja.

  4. Tidur dan Bermalas-malasan Selama Berpuasa
    Sebagian orang ada pula yang beranggapan, bahwa Ramadhan merupakan kesempatan untuk bermalas-malasan dan tidur di siang hari, selain itu juga saat malam hari digunakan untuk untuk begadang. Apalagi jika begadangnya hanya melakukan hal yang sia-sia saja, seperti menggunjing, bermain-main, mengadu domba dan lainnya.

    Hal ini tentunya akan merugikan diri sendiri dan sangat berahaya. Seperti kita ketahui, hari-hari di bulan suci Ramadhan merupakan saksi taatnya bagi umat yang taat, lalu maksiatnya umat yang bermaksiat.

  5. Merasa Sedih Dengan Datangnya Bulan Suci Ramadhan
    Tak jarang pula ada orang yang sedih menyambut bulan ramadhan, tapi ia bersuka hati ketika Ramadhan telah usai. Karena mereka menganggap bahwa dengan datangnya ramadhan dapat menghalangi kebiasaan-kebiasaan maksiat yang biasa dilakukan.

Sebetulnya orang-orang yang merugilah yang melakukan segala kesalahan di bulan suci Ramadhan tersebut. Bahkan jika melakukan kesalahan tersebut, maka bukan pahala yang didapatkan melainkan dosa, naudzubillahi mindzalik. 

Semoga kita dijauhkan dari perbuatan-perbuatan tersebut.


Subscribe to receive free email updates: