7 Keistimewaan dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

7 Keistimewaan dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar
7 Keistimewaan dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

7 Keistimewaan dan Keutamaan Malam Lailatul QadarKeutamaan malam lailatul qadar. Setiap orang yang percaya dan beriman kepada Allah beserta Rasul-Nya tentu ingin bertemu dengan yang namanya malam Lailatul Qadar. Malam penuh berkah ini hanya dapat dijumpai sekali saja dalam satu tahun. 

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Ada beberapa keutamaan malam lailatul qadar yang wajib diketahui, diantaranya :

  1. Waktu Diturunkannya Kitab Suci Al-Quran
    Menurut Abdullah Bin Abbas, menyatakan bahwa Allah telah menurunkan kitab Suci Al-Quran dengan utuh dari Lauhul Mahfuzh menuju Baitul Izzah. Lalu Allah menurunkan kitab suci Al-Quran kepada Rasulullah SAW dengan terpisah berdasarkan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi sepanjang 23 tahun. Hal ini dijelaskan menurut tafsir Ibnu katsir.

  2. Lebih Utama Diantara 1000 Bulan
    Berdasarkan surat Al-Qadar ayat 3 menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam paling utama dibandingkan seribu bulan. Menurut Qotadah, Imam Mujahid beserta para ulama lainnya mengemukakan pendapat bahwa maksud dari lebih baik dibandingkan seribu bulan yaitu amalan dan sholat yang dikerjakan di malam lailatul qadar ini lebih utama dibandingkan puasa dan sholat di 1000 bulan yang tak terdapat malam lailatul qadar.

  3. Malam Penuh Keberkahan
    Keutamaan malam lailatul qadar berikutnya terkandung dalam surat Ad Dukhon ayat 3, yang menyatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang diberkahi. Hal ini tentunya telah menunjukkan keistimewaan dari malam tersebut, belum lagi memiliki keutamaan-keutamaan yang lainnya.

  4. Turunnya Para Malaikat di Malam Lailatul Qadar
    Keutamaan Lailatul Qadar yang berikutnya yaitu pada malam tersebut, akan turun malaikat-malaikat beserta malaikat Jibril. Hal tersebut dijelaskan dalam surat Al-Qadar ayat 4.

    Adapun banyaknya malaikat turun di malam lailatul qadar sendiri karena di malam lailatul qadar memiliki banyak keberkahan. Selain itu, turunnya para malaikat ke bumi menandakan bahwa turunnya rahmat dan berkah dari Allah Swt.

    Sama halnya saat malaikat turun sewaktu ada yang tengah membacakan al-quran. Hal ini sebagaimana mereka yang akan mengitari setiap orang yang ada di majelis dzikir.

  5. Malam Penuh Keselamatan
    Seperti yang telah dijelaskan dalam surat Al-Qadr ayat 5, yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh kesejahteraan hingga terbit fajar. Dimana pada mala mini penuh dengan keselamatan sebab setan tak bisa berbuat apa-apa pada malam lailatul qadar.

    Selain itu, dapat diartikan juga bahwa di malam berlangsungnya lailatul qadar ini banyak yang diselamatkan terhadap siksa dan hukuman sebab melakukan ketaatan di malam tersebut kepada Allah Swt. Ini merupakan  keutamaan yang luar biasa di malam lailatul qadar.

  6. Dosa Orang Yang Menghidupkan Lailatul Qadar Diampuni Oleh Allah
    Menurut hadist yang diriwayatkan oleh HR. Bukhori menjelaskan bahwa siapa saja yang menunaikan sholat pada malam lailatul qadar hanya karena mengharap pahala Allah Swt, maka segala dosanya akan diampuni.

  7. Malam Terjadinya Penulisan Takdir di lauhul Mahfudh
    Menurut Ibnu Katsir melalui kitab tafsirnya, mengatakan bahwa dicatatnya takdir tahunan di lauhul mahfudh akan dirinci pada malam Lailatul Qadr, selain itu dimalam ini juga dicatat ketentuan rizqi dan ajal. Hal ini sesuai dengan riwayat dari Abu Malik, Abdullah Bin Umar, Adh Dhohak, Mujahid serta ulama lainnya.


Dengan keutamaan malam lailatul qadar di atas, kita sebagai umat muslim tentu tidak ingin melewatkannya. Sebab banyak sekali pahala dan keistimewaan yang Allah Swt berikan pada malam lailatul qadar. 

Adapun malam lailatul qadar ini terjadi di malam ganjil tepatnya di 10 malam terakhir bulan suci ramadhan, biasanya pada malam ke-21, ke-23, ke-25, ke-27 ataupun ke-29 di bulan Ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: