Hal-Hal Yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan

Hal - Hal Yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan
Hal - Hal Yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan

Hal-Hal Yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan - Bulan ramadhan merupakan bulan istimewa yang selalu dinantikan setiap tahunnya. Tidak terasa bulan Ramadhan segera tiba lagi. Tentunya momen-momen pada bulan ramadhan begitu di rindukan oleh orang-orang Indonesia yang mayoritas beragama islam. 

Ketika bulan ramadhan tiba, atmosfer yang berbeda akan sangat terasa karena aktivitas-aktivitas yang dilakukan selama sebulan ke depan beda dari hari-hari biasanya. Tradisi-tradisi selama bulan ramadhan dan menjelang lebaran ini sudah menjadi tradisi tahunan bagi rakyat Indonesia bukan hanya para penganut agama islam saja namun juga rakyat non muslim pun juga pasti merindukan momen ramadhan.

  1. Tradisi Ngabuburit Menjelang Berbuka Puasa
    Momen buka puasa tentu sangat dinanti-nantikan ketika bulan Ramadhan. Menjelang adzan maghrib pada saat bulan ramadhan akan banyak spot-spot tempat berkumpul orang dimana disana banyak yang menjajakan jajanan-jajanan yang kebanyakan hanya bisa ditemui saat bulan ramadhan.

    Kalaupun jajanan tersebut sering dijajakan di luar bulan ramadhan namun kenikmatannya akan berbeda ketika dijual saat orang-orang ngabuburit. Jajanan-jajanan khas pada bulan ramadhan diantaranya kolak pisang, es pisang ijo, es campur, dll.

  2. Petasan
    Ketika bulan Ramadhan tiba, anak-anak hingga remaja akan banyak yang bermain petasan. Jenis - jenis petasan yang biasanya dimainkan saat bulan Ramadhan tiba adalah petasan yang ringan seperti petasan banting dan petasan jres yang dinyalakan dengan sumbu korek api.

    Biasanya, anak-anak akan memainkan petasan menjelang buka puasa. Mereka biasanya melakukan perang petasan untuk bersenang-senang dan mengisi waktu menanti berbuka.

  3. Sholat Tarawih
    Ibadah yang sangat erat kaitannya dengan bulan ramadhan selain berpuasa adalah sholat tarawih. Sholat tarawih inilah yang membuat pusat-pusat ibadah seperti masjid dan musholla akan ramai selama bulan Ramadhan.

    Bayangkan saja masjid yang biasanya tidak terlalu ramai dan hanya dihuni jamaah - jamaah rutin akan membludak. Namun jangan heran jika membludaknya masjid akan terjadi di masa-masa awal puasa dan akhir puasa saja.

    Ada juga hal unik dari jamaah sholat tarawih di Indonesia. Coba bandingkan saja, pasti masjid yang sholat tarawihnya 8 rekaat + 3 witir akan lebih diminati jamaah dibanding masjid yang sholat tarawihnya 20 rekaat + 3 witir.

  4. Program TV Spesial Selama Bulan Ramadhan
    Selama bulan Ramadhan, stasiun-stasiun TV di Indonesia akan menghadirkan program TV spesial. Di Indonesia sendiri program TV di Bulan Ramadhan pasti sudah dinanti-nantikan oleh orang Indonesia.

    Setiap ramadhan akan ada sinetron yang hanya tayang saat Bulan Ramadhan. Biasanya episode terbarunya akan tayang saat jam sahur yaitu sekitar jam 3 pagi dan akan diputar ulang pada waktu menjelang berbuka. 


Selain program tv sinetron spesial edisi Ramadhan, program tv yang identik dengan bulan ramadhan yang lainnya adalah acara lawak. Biasanya acara lawak akan ditayangkan secara live saat waktu berbuka. 

Bintang-bintang yang mengisi acara lawak tersebut juga yang terkenal dan banyak disukai orang sehingga program tv acara lawak ini akan mendapatkan rating yang tinggi. 

Selain itu daya tarik dari acara lawak lainnya adalah adaya sesi kuis di sela-sela acara lawak yang juga banyak diincar orang karena menjelang lebaran orang memiliki kebutuhan berlebih sehingga mengincar hadiah dari kuis-kuis yang banyak bertebaran selama Bulan Ramadhan.

Nah, ternyata banyak juga ya hal-hal yang hanya ada di bulan ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: