Hikmah melaksanakan puasa Ramadhan

Hikmah melaksanakan puasa Ramadhan
Hikmah melaksanakan puasa Ramadhan

Hikmah melaksanakan puasa Ramadhan - Hikmah melaksanakan puasa ramadhan memang berkaitan erat dengan amalan puasa yang kita janankan, baik menahan hawa nafsu, menahan lapar dan menjalankan amalan ibadah  lainnya. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah dimana semua umat Islam yang ada diseluruh dunia berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dan beribadah. 


  1. Dapat melatih kedisiplinan waktu
    Jika anda ingin berpuasa yang penuh dan selama menjalankannya tetap fit serta kuat dari pagi hingga sore hari. Maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup sehingga anda harus tidur lebih teratur demi ke lancaran puasa di bulan ramandhan.

    Selain itu, bangun untuk makan sahur di pagi hari juga dapat melatih kebiasaan agar anda bisa bangun lebih pagi untuk mencari rezeki.

  2. Lebih peduli terhadap sesama
    Di dalam Islam memang sudah diajarkan kita harus selalu peduli terhadap sesama manusia. Untuk dapat melihat lebih jelas kepedulian umat muslim dengan sesamanya bisa kita jumpai saat bulan puasa dimana banyak orang akan memberikan tajil buka puasa dan sahur gratis, mengaji bersama di masjid, shalat bersama di masjid dan memberikan ceramah mengenai agama dan ilmu keIslaman di masjid.
  3. Lebih berhati-hati dalam berbuat sesuatu
    Di bulan suci ini kita memang harus berhati-hati dalam berbuat sesuatu agar puasa yang kita jalankan seharian tidak batal. Maka dari itu, untuk menyempurnakan puasa di bulan ramadhan anda harus menjaga mata, telinga, perbuatan serta perkataan.

    Dengan begitu anda akan selalu berpikir yang positif dan  juga dapat menghidari hal-hal yang mengandung unsur yang negatif seperti berbohong, mengunjing, berkata kotor, berbuat sesuatu yang dilarang (berzina dan mabuk-mabukan) serta memandang sesuatu hal yang dapat menimbulkan dosa.
  4. Belajar hidup sederhana
    Ketika berpuasa anda akan menahan lapar seharian dan pada saat berbuka puasa tiba anda juga akan makan dan minum hanyalah sedikit saja. Dengan begitu anda bisa belajar hidup sederhana karena pikiran untuk makan dan minum yang banyak itu sebetulnya hanyalah hawa nafsu semata.

    Jika anda hidup sederhana tentunya saja akan lebih baik karena anda tidak akan boros dalam penggunaan uang dan lain-lain.

  5. Melatih diri untuk lebih tabah
    Ketika menjalankan puasa kita memang sudah diajarkan untuk membiasakan diri menahan sesuatu hal yang tidak baik seperti marah-marah dan berburuk sangka. Di bulan puasa kita akan diajarkan untul memiliki sifat yang sabar dan pemaaf.

    Sehingga ketika ada orang yang menggunjing maka anda akan tetap sabar dan tidak ikut terbawa emosi. Hal inilah yang membuat puasa yang anda jalankan selain untuk mendapatkan pahala tetapi juga sangat bermanfaat dan berguna untuk diri anda sendiri.
  6. Setiap melakukan sesuatu hal yang mulia merupakan ibadah
    Ketika anda berpuasa di bulan ramadhan maka semua kegiatan yang mulia merupakan ibadah. Misalnya berjalan menuju masjid, berbuat adil, menolong orang, tersenyum pada orang lain, dan bahkan tidur pun menjadi ibadah ketika kita melaksanakan puasa di bulan ramadhan ini.

    Karena hal inilah yang membuat semua orang sangat menyukai ketika datangnya bulan ramadhan kerena semua yang mereka lakukan akan bernilai ibadah.

Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan hikmah melaksanakan puasa ramadhan. Semoga apa yang telah dipaparkan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Subscribe to receive free email updates: