Ibadah-Ibadah yang Dianjurkan Untuk Mendapatkan Keistimewaan Pahala Ramadhan

Ibadah - Ibadah yang Dianjurkan Untuk Mendaatkan Keistimewaan Pahala Ramadhan
Ibadah - Ibadah yang Dianjurkan Untuk Mendaatkan Keistimewaan Pahala Ramadhan

Ibadah-Ibadah yang Dianjurkan Untuk Mendapatkan Keistimewaan Pahala Ramadhan - Pahala ramadhan begitu istimewa jika dibandingkan hari biasanya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Allah SWT akan melipat gandakan pahala atas amal - amal baik yang kita lakukan selama bulan ramadhan.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai amalan atau ibadah apa saja yang sangat disarankan untuk dilakukan selama bulan Ramadhan agar kita mendapatkan syafaat dan hikmah dari bulan penuh berkah ini. Selain itu, jadikanlah momen ramadhan ini sebagai ajang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan ajang untuk mengumpulkan bekal sebanyak - banyaknya untuk kehidupan setelah nanti kita meninggal yakni kehiduan di akhirat.

Ibadah - ibadah ini pun merupakan sunah Rasulullah atau ibadah yang juga sering dilaksanakan oleh Rasulullah SAW selama bulan ramadhan, dan Rasulullah pun menganjurkan umatnya untuk juga melaknsanakan ibadah-ibadah ini secara lebih khusyuk dan lebih istiqomah lagi selama bulan Ramadhan.


  1. Sholat Tarawih dan Sholat Sunnah Lainnya
    Sholat tarawih sendiri merupakan ibadah sunah yang muakad yakni sunnah namun benar-benar dianjurkan untuk melaksanakannya selama bulan ramadhan. Sholat tarawih ini dijalankan setelah kita menjalankan sholat isya. Biasanya, sholat tarawih secara berjamaah akan diselenggarakan di masjid-masjid dan musholla di sekitar kita.

    Kita pun lebih dianjurkan untuk melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah dibanding sholat tarwih secara munfarid atau sendiri. Karena, jika hari biasa saja pahala sholat berjamaah ebih besar dibanding sholat sendiri tentunya di bulan ramadhan pahalanya akan lebih dilipatgandakan lagi.

    Sholat tarawih ini biasanya juga diikuti dengan sholat witir yang dilaksanakan dengan jumlah rakaat ganjil. Biasanya di masjid-masjid sholat witir dilaksanakan sebanyak 3 rakaat dan sholat tarawih sendiri dilaksanakan dengan 2 metode yakni ada yang melaksanakannya sebanyak 8 rakaat ada juga yang melaksanakannya sebanyak 20 rakaat.

    Selain sholat tarawih dan witir, kita juga dangat disarankan untuk melaksanakan sholat-sholat sunnah lainnya seperti sholat duha, sholat rawatib, sholat tahajud, dll disamping kita juga harus menjaga ibadah wajib kita yakni mendirikan sholat fardhu 5 waktu.

  2. Membaca Al-Quran
    Amalan membaca Al-Quran ini juga sangat disarankan untuk dilakukan karena pahala untuk membaca 1 huruf saja akan dilipatgandakan oleh Allah SWT jika dibandingkan membaca di hari-hari biasa nah inilah keistimewaan pahala ramadhan. Amalan ini merupakan amalan yang begitu mulia dan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita terhadap Allah SWT. Jadi, jika kita memiliki waktu luang di bulan Ramadhan, dibanding melakukan hal yang tidak bermanfaat lebih baik membaca Al Quran.

  3. Melakukan I’tikaf
    I’tikaf merupakan istilah untuk berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah tanpa memikirkan urusan duniawi. Ketika menjalankan i’tikaf fokus kita hanya kepada Allah dan selama kita ber i’tikaf kita bisa melakukan ibadah apapun yang ditujukan untuk Allah secara iklas.

    Biasanya i’tikaf ini juga dilakukan untuk memohon petunjuk dari Allah mengenai sesuatu hal. Dan melalui i’tikaf kita kaan menjadi umat yang lebih taat dan lebih dekat dengan Allah SWT.

  4. Memperbanyak Sholawat dan Dzikir
    Sholawat dan dzikir merupakan jembatan untuk kita memohon ampun dan memohon sesuatu dari Allah SWT. Di bulan ramadhan ini Allah akan lebih mendengar doa kita dan Insya Allah akan mengijabah doa kita sehingga kita haruslah memperbanyak sholawat dan dzikir untuk mendapatkan keistimewaan pahala ramadhan.



Subscribe to receive free email updates: