Makanan Dan Minuman Bernutrisi Untuk Menu Buka Puasa

Makanan Dan Minuman Bernutrisi Untuk Menu Buka Puasa
Makanan Dan Minuman Bernutrisi Untuk Menu Buka Puasa

Makanan Dan Minuman Bernutrisi Untuk Menu Buka Puasa - Makanan dan minuman yang bernutrisi sangatlah dianjurkan untuk kita konsumsi ketika kita buka puasa. Setelah seharian kita menahan lapar dan haus, tubuh kita tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk mengembalika stamina dan energi bagi kita.

A.  Makanan untuk berbuka puasa

Pilihlah jenis makanan yang mengandung kadar air dan nutrisi yang tinggi saat berbuka. Beberapa diantaranya adalah:


  1. Telur
    Telur kaya akan protein yang dapat membantu tubuh untuk kembali berstamina, selain itu telur juga mengandung 9 asam amino yang dapat membantu kesehatan otak dari kekurangan nutrisi setelah seharian berpuasa.

  2. Kurma
    Berbukalah dengan yang manis-manis, kalimat itu sering kali kita dengar. Perlu anda ketahui hal itu memanglah benar. Makanan yang manis seperti kurma dapat mengembalikan energi tubuh kita setelah lelah seharian menahan lapar.

    Dengan mengkonsumsi kurma maka tubuh akan kembali berenergi. Namun tidak semua makanan manis baik untuk tubuh, untuk itu pastikan anda menjauhkan diri dari jenis-jenis makanan yang banyak mengandung pemanis buatan karena dapat meningkatkan resiko diabetes.

  3. Sup sayur
    Sayur-sayuran yang dijadikan sup sangatlah baik  untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Jenis makanan bernutrisi yang satu ini sangat mudah dicerna karena mengandung serat yang tinggi. selain itu sayur sup juga dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral.

  4. Sop buah
    Selain dari sup sayur, jenis makanan bernutrisi lainnya yang patut anda coba ketika berbuka adalah sop buah. Sob buah adalah jenis sop yang diolah dari berbagai jenis buah-buahan pilihan yang kaya akan vitamin. 



B.  Minuman untuk berbuka puasa

Saat berbuka kegiatan yang pertama yang akan kita lakukan adalah minum. Hal itu dikarenakan tubuh lebih resisten terhadap rasa lapar daripada haus. Karena lebih 70% berat tubuh terdiri dari air. 

Air merupakan komponen terbesar di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk memelihara sel, melarutkan nutrisi, oksigen dan hormon dan menghantarkannya keseluruh tubuh bersama dengan darah. Oleh karena itu air tidak dapat tergantikan. Setelah malaksanakan ibadah puasa seharian penuh, maka saat berbuka adalah saatnya kita melepas dahaga kita. 

Namun untuk melepaskan dahaga tidak sembarang minuman dapat anda konsumsi. Kesalahan dalam mengkonsumsi minuman malah akan menimbulkan penyakit bagi tubuh kita. Berikut beberapa minuman yang sangat baik dan dapat dikonsumsi langsung ketika berbuka puasa.


  1. Air putih
    Saat berpuasa tubuh kita akan kehilangan banyak kadar air. Untuk itu konsumsilah air putih biasa untuk menormalkan kadar air tubuh kembali. Air putih sangat baik karena mudah diserap dan tidak meningkatkan kinerja ginjal. 

    Hindarkan diri dari minuman bersoda saat berbuka. Karena jika kita langsung mengkonsumsi minuman bersoda maka akan memberatkan kinerja ginjal dalam menyaring minuman tersebut sehingga akan berpotnsi menimbulkan penyakit ginjal. tidak hanya itu mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat meningkatkan potensi asam lambung.

  2. Jus
    Jus buah dari beberapa jenis buah yang mengandung kadar air tinggi seperti pepaya dan semangka sangatlah dianjurkan. Jus buah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan air tubuh serta mengandung nutrisi yang cukup tinggi untuk mengembalikan stamina kita. 


Hindarkan untuk mengkonsumsi jus dari buah yang memiliki kadar asam yang tinggi, karena dapat mengganggu perut anda, dan meningkatkan keasaman lambung.


Subscribe to receive free email updates: