Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa
Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa - Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah dimana semua umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa ramadhan. Puasa memang dapat diartikan menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkannya baik dari segi rohani maupun jasmani. 

Sehingga membuat setiap orang yang menjalankan puasa bisa melatih diri untuk bersabar dan tabah. Bulan puasa juga menjadi ajang dimana semua orang akan berlomba-lomba untuk beribadah dan berbuat baik dengan sesama dan lingkungan sekitarnya. 

Selain itu, di bulan puasa juga banyak orang yang membagi-bagikan makanan untuk berbuka puasa secara gratis. Mengenai makanan untuk berbuka puasa, ada baiknya anda mengetahui jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi ketika berbuka puasa. 

Ketika anda mengkonsumsi makanan yang baik dan tepat maka hal tersebut akan berguna untuk kesehatan tubuh anda. Untuk lebih detailnya berikut akan dipaparkan mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Mengkonsumsi kurma
    Ketika bulan puasa tiba pasti di setiap rumah umat muslim sudah tersedia kurma sangat banyak. Kurma memang menjadi makanan pembuka saat bulan puasa tiba.

    Selain itu, kurma juga mengandung zat yang kaya akan fruktosa, glukosa dan sukrosa dengan kadar kalori yang rendah. Semua kandungan tersebut sangatlah berguna untuk mengembalikan energi pada sel saraf, sel otak, sel darah merah, sel tulang belakang dan mengembalikan daya tahan tubuh.

    Tidak hanya itu, kandungan garam yang ada didalam kurma juga sangat bermanfaat untuk menstabilkan tingkat asam di dalam darah. Didalam kurma juga terdapat banyak sekali kandungan vitaminnya seperti vitamin A, B2, B12 dan juga mineral (kalium, kalsium, fosfor, magnesium, nutrium dan lainnya).
  2. Buah-buahan
    Buah-buahan memang sangatlah baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Di dalam buah-buahan biasanya banyak sekali terdapat serat buah yang kaya akan vitamin dan juga berguna untuk proses metabolism tubuh.

    Selain itu, buah-buahan juga merupakan makanan yang sangat mudah dicerna sehingga tidak akan menimbulkan reaksi yang berlebihan pada lambung. Sebaiknya ketika berbuka puasa anda memilih buah-buahan yang mengandung banyak cairannya seperti melon, apel, anggur, semangka.

    Akan tetapi tidak semua buah yang mengandung cairan baik dikonsumsi saat berbuka puasa, buah-buahan yang harus anda hindari saat berbuka puasa ialah jeruk dan nanas dan buah asam lainnya.

  3. Sayur-sayuran
    Ketika berpuasa maka lambung anda akan beristirahat seharian sehingga ukuran lambung akan mengecil dan enzim pencernaan yang ada didalam tubuh akan berkurang. Maka dari itu, saat berbuka puasa hendaklah anda memakan makanan yang mudah dicerna oleh perut atau lambung.

    Karena jika anda mengkonsumsi makanan yang berat saat berbuka puasa maka lambung akan bekerja lebih berat dan hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.
  4. Air kelapa murni
    Air kelapa murni memang menjadi minuman yang sangat ideal untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan air kelapa juga kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengggantikan cairan elektrolit yang hilang ketika anda berpuasa.

    Dengan meminum air kelapa dapat mengembalikan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak akan terasa lemas. Sebaiknya anda mengkonsumsi air kepala yang tidak dicampur dengan bahan lainnya seperti es, santan dan gula.


Itulah beberapa informasi mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Semoga apa yang telah dibahas diatas dapat berguna bagi anda semua yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini.


Subscribe to receive free email updates: