Makanan yang sebaiknya di hindari ketika sahur

Makanan yang sebaiknya di hindari ketika sahur
Makanan yang sebaiknya di hindari ketika sahur


Begitu pentingnya makan sahur ini membuat orang tidak mau melewatkannya karena mereka sadar bahwa tenaga yang akan seharian digunakan adalah tenaga makan sahur ini. Sahur menjadi momen yang penting ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan. 

Momen sahur on the road yang kerap dilakukan ketika sahur menjadi salah satu kegiatan positif memaknai bulan puasa, Umat muslim di sunahkan untuk makan sahur sebelum melaksanakan puasa seharian. Tapi taukah kalian tidak semua makanan bisa kalian jadikan menu makan sahur? makanan yang sebaiknya dihindari untuk santap sahur yaitu:

  1. Makanan pedas
    Bagi yang suka makan-makanan pedas sebaiknya untuk sahur hindari dulu mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas. Kenapa? karena makanan pedas bisa mengakibatkan perut panas dan mules karena adanya gesekan pada bagian lapisan permukaan lambung, sehingga lambung menjadi lebih rapuh dan akhirnya terluka.

    Makanan pedas identik dengan cabai sebenarnya boleh-boleh saja makan pedas tapi dalam batas yang wajar jika biasanya 10 cabe kurangi menjadi 3 saja.
  2. Makanan asin dan berlemak
    Santan sebaiknya di hindari untuk makan sahur karena santan mengandung tinggi lemak, selain santan ada lagi makanan berlemak yang sebaiknya di hindari yaitu jeroan, gorengan, dan makanan siap saji.

    Makanan dengan kandungan lemak dan minyak berlebih dapat membuat tubuh cepat letih da lesu saat berpuasa. Makanan dengan gadungan garam yang tinggi atau asin mudah membuat kita haus.
  3. Sumber kafein
    Kafein adalah zat yang ada di kopi dan teh, meminum keduanya sebaiknya di hindari ketika sahur karena kafein memiliki sifat diuretik yang bisa merangsang tubuh lebih cepat kehilangan air ketika buang air kecil.
  4. Makanan terlalu manis
    Makanan manis sebaiknya dihindari ketika sahur namun dianjurkan ketika berbuka puasa, karena rasa manis yang terlalu tinggi bisa menaikkan asam dalam tubuh. Makanan yang terlalu manis misalnya permen, kue kering, minuman buatan dan yang lain dengan kandungan bahan pemanis buatan yang tinggi. 


Itu tadi makanan yang sebaiknya di hindari ketika bersantap sahur, lalu makanan apa yang baik dimakan ketika sahur yaitu buah-buahan segar dengan kandungan gula yang alami bukan buatan, sayuran, nasi, lauk pauk dan minum. Semua makanan tersebut di kombinasikan dalam sebuah daftar menu makan sahur.

Sebaiknya buat daftar makanan serta tabel nutrisinya supaya ketika makan sahur jelas bermanfaat untuk energi tubuh seharian. Saat sahur usahakan memakan makanan yang kaya akan kandungan serat yang plus karbohidrat kompleks misalnya beras merah atau nasi merah dengan mengonsumsi ini dan bukannya nasi biasa akan membuat kita lebih mudah kenyang dan energinya tersimpan lebih lama. 

Makan sahur memiliki keutamaan selain untuk mengisi energi yaitu, sahur mendatangkan berkah, malaikat bersholawat untuk orang-orang yang menunaikan sahur, menjalankan sunah Rasulullah, pembeda dengan agama lain (Yahudi dan Nasrani), dan mengikuti akhlak terpuji para rasul Allah SWT. 

Walaupun makan sahur itu penting tapi masih bayak orang yang tidak mau bangun untuk sahur hasilnya selama sehari puasanya hanya di sini dengan tidur dan tidur tanpa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Makan sahur adalah wujud dari rasa syukur kita karena Allah masih memberikan rezeki sesampai bulan Ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: