Mengatur jadwal ketika puasa Ramadhan, untuk hidup yang lebih berkah

Mengatur jadwal ketika puasa Ramadhan, untuk hidup yang lebih berkah
Mengatur jadwal ketika puasa Ramadhan, untuk hidup yang lebih berkah

Mengatur jadwal ketika puasa Ramadhan, untuk hidup yang lebih berkah - Ramadhan menjadi bulan yang begitu istimewa hanya ada sekali dalam setahun. Jika kita tidak bisa menata waktu dengan baik untuk melakukan kegiatan di bulan Ramadhan terutama saat siang hari Ramadhan akan berlalu begitu saja tanpa arti. 

Untuk bisa mengoptimalkan kegiatan di bulan Ramadhan kita harus memiliki agenda yang terarah untuk beribadah supaya hidup lebih berkah. Ibadah kita maksimal kerja kita tidak ditinggal. 

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan waktu di bulan Ramadhan?

  1. Bangun di sepertiga malam
    Ketika bulan puasa kita bisa bangun sebelum fajar karena kita harus melaksanakan ibadah puasa. Sholat sepertiga malam banyak sekali manfaatnya. Umat muslim masih banyak yang enggan melakukan ini, pada umumnya hanya bangun untuk makan sahur setelah subuh tidur lagi atau karena semalam sudah sholat tarawih di masjid jadi sepertiga malamnya tergantikan. Seharusnya kegiatan di bulan Ramadhan perbanyak sholat di sepertiga malam bisa dilakukan lebih sering dari bulan-bulan yang lain.
  2. Mengakhirkan sahur
    Pada saat sahur perbanyak istghfar dan doa sebab waktu-waktu sahur adalah waktu yang istijabah. Mengakhirkan sahur sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, selain itu mengakhirkan sahur juga membuat kita tepat waktu melaksanakan sholat subuh karena tidak tidur lagi usai bersantap sahur.
  3. Shalat subuh
    Usai sholat subuh kebanyakan orang akan mudah mengantuk, entah mengapa rasa kantuk itu mengusik jiwa untuk tidur. Usahakan untuk tidak tidur usai shalat subuh karena para orang shalih atau salaful shalil tidak menyukai tidur setelah sholat sampai terbitnya matahari.

    Untuk menghindari rasa kantuk itu datang ada tips untuk menghilangkannya yaitu dengan duduk sambil berzikir setelah sholat subuh, lawanlah rasa kantuk yang datang.
  4. Sholat dua rakaat setelah matahari terbit
    Rasulullah bersabda bahwasanya melaksanakan sholat subuh berjamaah dilanjutkan duduk berzikir dan kemudian menunaikan sholat dua rakaat setelah matahari terbit seakan-akan pahala haji dan umroh untuknya.
  5. Saat bekerja
    Ketika puasa bukan berati kita bisa bermalas-malasan tetap melakukan rutinitas seperti biasa. Bekerja, sekolah menjadi ibu rumah tangga seperti biasanya. Semua aktivitas yang kita lakukan boleh-boleh saja asalkan tidak meninggalkan sholat wajib lima waktu. Teruslah melakukan kebaikan.
  6. Istirahat
    Setelah sholat dzuhur usahakan untuk tidur selama lima belas sampai tiga puluh menit untuk menyimpan tenaga. Istirahat ini disebut dengan qailulah. Setelah bangun tubuh akan kembali mendapat stamina untuk melakukan aktivitas.
  7. Sholat ashar berjamaah
    Ketika melakukan kegiatan di bulan Ramadhan perbanyaklah amal ibadah salah satunya dengan sholat wajib berjamaah. Setelah sholat jika ada waktu luang sedikit saja luangkan waktu untuk membaca.

    Membaca al-quran, membaca buku-buku agama, atau sekedar mendengarkan siraman rohani. Lakukan kegiatan-kegiatan seperti ini sampai menjelang buka puasa jika anda tidak sibuk bekerja.
  8. Dzikir
    Menjelang buka puasa gunakan waktu berzikir dan berdoa. Keutamaannya adalah ketika berpuasa doa orang tidak tertolak selama dia melakukannya dengan keimanan.
  9. Berbuka puasa
    Setelah menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu sebulan penuh saatnya kita kembali mengisi tenaga dengan berbuka puasa. Saat berbuka puasa makan dan minumlah dalam porsi yang cukup tidak perlu berlebihan karena saat kita makan banyak organ pencernaan belum bisa bekerja dengan maksimal.

    Makanlah yang mudah dicerna oleh tubuh. Berbuka dengan yang ringan lalu sholat magrib setelah itu baru makan berat.
  10. Sholat isya dan tarawih
    Sholat tarawih memang tidak wajib namun sholat ini menjadi keutamaan bulan puasa. Usahakan rutin melaksanakan sholat isya dan tarawih karena sekali saja kita tidak jamaah bisanya akan mudah terlena.



Subscribe to receive free email updates: