Nasihat Rasulullah Sebagai Bekal Beribadah di Bulan Penuh Berkah

Nasihat Rasulullah Sebagai Bekal Beribadah di Bulan Penuh Berkah
Nasihat Rasulullah Sebagai Bekal Beribadah di Bulan Penuh Berkah

Nasihat Rasulullah Sebagai Bekal Beribadah di Bulan Penuh Berkah - Bulan penuh berkah bagi umat muslim adalah Bulan Ramadhan. Di Bulan ramadhan, umat islam akan beribadah dengan berpuasa penuh selama sebulan sebelum datang hari kemenangan yakni 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri. 

Selama sebulan, umat islam akan berlomba-lomba untuk mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya karena selama bulan Ramadhan ini pahala yang didapatkan akan dilipatgandakan berkali-kali lipat. Jadi, banyak umat islam yang benar-benar memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya dan mempersiapkan bulan Ramadhan dengan maksimal. 

Karena itu, umat islam dapat mengingat kembali pesan-pesan yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW sebagai bekal untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dengan istiqomah dan ikhlas agar kita mendapatkan syafaat dari Bulan Ramadhan. Beberapa pesan Rasulullah SAW yang dapat dijadikan bekal  untuk menyambut bulan penuh berkah ini diantaranya:

  1. Rasulullah Memerintahkan Untuk Memanfaatkan Momen Ramadhan Sebaik-baiknya
    Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dimana umat islam berlomba - lomba untuk meraih syafaat di bulan ramadhan. Salah satu hal yang dicari dari bulan ramadhan adalah Malam Lailatul Qodar yang disebut dengan malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

    Di malam tersebut Allah akan memberikan pahala dan syafaat yang begitu besar bagi orang - orang yang melaksanakan ibadah dengan sungguh - sungguh. Dan uniknya lagi, tidak ada yang tahu pasti kapan malam lailatul qodar itu terjadi, sehingga umat islam akan melakukan ibadah selama sebulan penuh bukan hanya di hari tertentu saja.

  2. Pahala yang Dilipatgandakan Selama Bulan Ramadhan
    Di bulan penuh berkah, pahala atas amal - amal baik yang kita lakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Seperti contohnya pada saat kita melakukan sholat fardu, jika di hari biasa hanya dihitung 1 pahala misalnya nah pada bulan ramadhan akan menjadi 70 x lipat dari pahala yang didapatkan pada hari - hari biasanya.

    Bukan hanya sholat fardu saja, melainkan ibadah - ibadah lain seperti membaca Al - Qur’an, bersedekah, dzikir, dll juga akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

  3. Berlatih Sabar di Bulan Ramadhan
    Definisi dari puasa sendiri yang di bahasa arabnya berasal dari kata shaum berarti menahan. Nah dari nasihat Rasulullah SAW, kita dapat mengetahui hikmah dari puasa ramadhan yaitu melatih kesabaran kita dan pengendalian nafsu kita.

    Rasulullah sendiri juga telah menyampaikan bahwa barang siapa yang sabar pahalanya adalah surga. Ketika bulan ramadhan, khususnya saat melaksanakan ibadah puasa, pasti akan banyak godaan. Nah dari situlah ujian kita untuk melatih kesabaran dan ketaatan kita terhadap Allah SWT.

  4. Selama Bulan Ramadhan Perbanyak Doa dan Memohon Ampun Kepada Allah SWT
    Selain pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT, di bulan penuh berkah ini juga merupakan bulan penuh ampunan. Selain itu, di bulan ramadhan insya Allah doa kita juga akan diijabah oleh Allah SWT. 

Maka dari itu, kita sebagai umat islam harus memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya dengan memperbanya do’a kepada Allah dan memohon ampun atas dosa-dosa yang selama ini telah diperbuat. Hendaknya kita memperbanyak dzikir seperti beristighfar dan kalimat toyibah. 

Kita juga dapat memanjaatkan doa untuk memohon sesuatu dengan khusyuk dan bersungguh-sungguh juga memohon perlindungan kepada Allah agar dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang beriman dan dihindarkan dari siksaan api neraka sesering mungkin selama masih dalam masa bulan penuh berkah.


Subscribe to receive free email updates: