Tips Alasan Menolak Buka Bersama

Tips Alasan Menolak Buka Bersama
Tips Alasan Menolak Buka Bersama

Tips Alasan Menolak Buka BersamaBuka bersama atau bukber selalu identik dengan bulan ramadhan. Seringkali, terlalu banyaknya undangan buka puasa bersama membuat kita mendapatkan undangan yang dobel-dobel di waktu yang bersamaan. 

Nah kalau sudah begitu pasti kita bingung mau memilih akan menghadiri bukber yang mana atau malah tidak datang semua. Ada juga kalanya kita diundang bukber dimana disana terdapat orang-orang di masa lalu yang kurang berkenan di hati, tentu kita akan ogah-ogahan untuk datang. Ada lagi yang terkendala problem masalah budget. 

Seringkali buka bersama itu bukan kita datang lantas disediakan makanan oleh penyelenggara, seringnya pasti kita janjian di tempat makan kemudian berbuka bersama. Nah kita pun harus membayar sendiri menu-menu yang kia pesan. Kalau hal ini terus - terusan setiap hari kita lakukan untuk yang memiliki kantong tidak terlalu tebal pastinya akan merasa keberatan. 

Apalagi menjelang lebaran pasti keinginan kita untuk belanja banyak dan kebutuhan kita membengkak. Nah untuk itu, kami akan memberikan tips-tips memberikan alasan kepada teman untuk tidak menghadiri acara buka bersama:

  1. Berterus Terang
    Nah alasan untuk menolak ajakan buka bersama bisa kita utarakan secara jujur. Apalagi jika yang mengundang adalah teman baik kita sendiri. Misalnya saja kita sedang tidak mempunyai banyak uang dan ingin berhemat, utarakan saja bahwa kalian memang sedang berhemat untuk keperluan lebaran siapa tau nantinya teman kita akan membayari kita.

    Atau misalkan kalian malas bertemu orang di masa lalu di event buka bersama, utarakan ke teman dekat kalian yang juga akan hadir bahwa kalian masih enggan bertemu dengan orang itu dan suruhlah teman kalian untuk membuatkan alasan jika  nantinya teman-teman yang lain bertanya kemanakah kalian kok tidak datang buka bersama.

  2. Keluarga Menjadi Alasan Andalan
    Momen buka bersama bersama keluarga tentu sudah dapat dimaklumi orang lain sebagai waktu privat yang berharga. Apalagi jika kita tinggal jauh dengan keluarga hidup di perantauan dan hanya berkumpul dengan keluarga saat ramadhan dan lebaran.

    Nah hal inilah bisa menjadi alasan kalian untuk menolak undangan buka bersama. Bilang saja bahwa kalian ingin berbuka bersama keluarga karena ibu sudah masak banyak, atau bilang saja acara buka bersama keluarga. Pasti teman-teman akan mengerti. Tapi jangan lupa siapkan alasan cadangan juga ya jika tiba-tiba teman kalian menyeletuk “Ya udah kita bukber di tempat lo aja ya.. sekalian mama lo masak banyak”

  3. Tidak Memberi Kepastian
    Nah cara inilah yang sebenarnya cukup menggantung. Namun cara inipun paling aman dilakukan jika kita memang sedang bimbang apakah ingin berangkat berbuka bersama atau tidak.

    Kalian bisa memberikan balasan terhadap undangan buka bersama dengan jawaban yang tidak pasti seperti “lihat nanti aja ya” atau “duh aku belum tanya mama ada acara bukber keluarga nggak, nanti ku kabari lagi ya” nah untuk reaksi spontan jika kalian diundang buka bersama bisa disiasati dengan cara ini.

    Sekedar tips pula, jika kalian membuat alasan janganlah alasan yang terlalu berbohong. Lebih baik berterus terang.

    Jika kalian berbohong dan ketahuan kan nanti pasti akan timbul efek yang tidak mengenakkan. Misalnya saja kalian sudah terlanjur mengiyakan ajakan teman SMA untuk bukber kemudian di saat yang bersamaan teman SMP mengajak bukber juga namun kalian tolak dengan alasan acara keluarga, eh pas kalian berbuka bersama teman SMA ada teman SMP yang tahu. 

Nah lho ketahuan kan boongnya.


Subscribe to receive free email updates: