Tips Berolahraga Saat Puasa

Tips Berolahraga Saat Puasa
Tips Berolahraga Saat Puasa

Tips Berolahraga Saat Puasa - Berolahraga saat puasa tentunya masih bisa dilakukan. Jangan underestimate dulu jika kita puasa maka kita tidak bisa melakukan aktivitas berat. 

Berolahraga saat puasa pada waktu yang tepat malah justru akan membawa dampak baik bagi tubuh kita. Kita tidak perlu takut bahwa olahraga yang kita lakukan saat kita tengah menjalankan ibadah puasa dapat batal karena kita berolahraga. 


Waktu yang Tepat Berolahraga saat Puasa

Tentu kalian tidak akan dan enggan melakukan olahraga di siang hari bukan? Apalagi saat puasa. Nah, melakukan olahraga di siang hari saat puasa adalah hal yang berbahaya. 

Olahraga di siang hari malah justru membuat kita akan dehidrasi dan membuat kita tidak akan kuat puasanya. Selain itu berolahraga saat puasa di siang hari malah justru akan menguraikan otot karena tubuh dalam keadaan tidak memiliki asupan yang cukup.

Waktu yang paling baik untuk berolahraga saat puasa adalah di waktu sore hari kira-kira 1 jam menjelang berbuka puasa. Bagi kita yang ingin kurus atau mengurangi lemak tubuh, berkardio di jam-jam seperti ini sangatlah baik untuk mencapai goals yang kalian inginkan, pada waktu ini tubuh sudah beradaptasi dengan baik untuk melakukan pembakaran lemak. 

Lagian tidak lama setelah itu kalian akan berbuka puasa sehingga kalian akan mendapatkan asupan pengganti sesegera mungkin. Selain itu, untuk kalian yang sedang memiliki program di gym untuk membentk otot, berolahraga di jam jam menjelang buka akan semakin mengoptimalkan pembentukan otot kalian karena pada saat itu kadar hormon testosteron di dalam tubuh meningkat atau berada di titik paling tinggi. 

Namun jika kalian merasa jika tidak kuat melakukan olahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa, kalian bisa melakukan olahraga setelah waktu berbuka. Jangan paksakan diri kalian. Jangan sampai setelah berolahraga kalian malah menjadi sakit.

Bagaimana Cara yang Tepat Untuk Berolahraga Saat Puasa

Jika kalian telah terbiasa memiliki jadwal rutin pergi ke pusat kebugaran seperti gym, pada saat bulan puasa jangan di stop. Teruskan saja rutinitas kalian pergi nge gym. Hanya saja kalian perlu memperhatikan waktunya. Waktu terbaik yaitu menjelang buka puasa telah di jelaskan di atas tadi. 

Selain mengganti waktu untuk berolahraga ke waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa, kalian juga bisa melakukan sedikit variasi pada kebiasaan-kebiasaan olahraga kalian. Misalnya saja kalian biasa melaksanakan olahraga angkat beban, nah pada saat puasa kalian dapat tetap melanjutkan aktivitas tersebut namun lebih baiknya agar mengurangi beban sebanyak 40 hingga 60%. 

Untuk frekuensinya lakukan saja seperti biasa. Hal ini ditujukan agar tubuh tidak terlalu mengalami kelelahan sehingga kita tetap kuat menjalankan ibadah puasa hingga waktu maghrib tiba. Jangan mencoba untuk menaikkan intensitas latihan menjadi lebih berat. Takutnya nanti tubuh tidak akan kuat alhasil kita malah menjadi tumbang saat berolahraga. 

Semua tergantung pada kondiis fisik masing-masing individu. Maka dari itu hanya kalian sendirilah yang mengerti dan tahu betul dengan kondisi fisik kalian. 

Ingat, walaupun kita berpuasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan. Jika kita terbiasa olahraga kemudian saat puasa tidak, maka hasil olahraga kita sebelumnya bisa hilang begitu saja. Maka dari itu tetaplah jaga intensitas berolahraga saat puasa.


Subscribe to receive free email updates: