Tips Memulai Persiapan Ramadhan

Tips Memulai Persiapan Ramadhan
Tips Memulai Persiapan Ramadhan

Tips Memulai Persiapan RamadhanMelakukan persiapan ramadhan dengan semaksimal mungkin tentu akan memberikan banyak keuntungan saat bulan bulan suci Ramadhan telah tiba. Persiapan ramadhan bukan hanya tentang persiapan rohaniah kita untuk nantinya di bulan ramadhan akan memaksimalkan ibadah melainkan kita juga perlu mempersiapkan fisik agar nantinya tidak kaget saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. 


Tentunya kalian menginginkan keutamaan bulan suci Ramadhan bukan? Jangan sampai ibadah puasa yang kita jalankan selama sebulan tidak memberikan faedah apa-apa dan kita hanya dapat laparnya doang. 

Maka dari itu, kami akan berikan tips-tips dan list apa saja hal yang perlu kalian persiapkan untuk menyambut bulan bulan suci ramadhan:

  1. Teguhkan Niat Untuk Fokus Ibadah di Bulan Ramadhan
    Momen bulan suci ramadhan hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kita sebagai umat islam untuk menimbun pahala sebanyak-banyaknya karena di bulan ramadhan ini setiap kebaikan dan ibadah kita akan dihitung dengan pahala yang nilainya berlipat-lipat dari biasanya.

    Nah jika kalian bingung akan melakukan ibadah apa saja pada saat bulan ramadhan, kalian bisa mulai dengan mencari tahu ibadah-ibadah apa saja yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan ramadhan.

    Nah baru setelah itu kalian bisa membuat list kira-kira selama sehari dimulai bangun tidur , sahur, dan selanjutnya kalian akan melakukan apa saja berikut ibadah-ibadah yang akan kalian lakukan. Dengan membuat jadwal, kalian bisa membuat jadwal dengan intensitas ibadah yang lebih maksimal. Nah sebagai pemanasan dan pembiasaan, lakukan ibadah-ibadah yang sudah kalian buat jadwalnya sebelum bulan ramadhan yang suci  datang.

    Hal ini dilakukan untuk membiasakan diri kita agar nantinya kita tidak ada lagi kata malas  dan berat dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan nanti karena kita telah terbiasa.

  2. Berlatih Mengurangi Porsi Makan Siang
    Menahan lapar selama seharian bukanlah perkara yang mudah. Selain menahan nafsu makan kita juga harus menahan nafsu lainnya seperti amarah atau melakukan hal-hal tercela.

    Nah, untuk membuat tubuh kita terbiasa dengan puasa yang akan kita jalankan selama sebulan ke depan kita bisa memulai melatih tubuh kita dengan mengurangi asupan makan siang kita agar nantinya tubuh kita terbiasa dengan pola makan kita saat puasa yakni saat sahur dan berbuka.

    Selain itu kalian juga bisa melakukan persiapan dengan alternatif yang lebih baik sekalian beribadah yakni dengan membiasakan diri berpuasa sunah seperti puasa senin kamis.

  3. Belajar Menu Baru yang Menggugah Selera
    Salah satu kenikmatan dalam berpuasa adalah saat berbuka. Nah, untuk mempersiapkan menu buka puasa yang menggugah selera dan semakin menambah kesan nikmat berbuka, kita bisa mempersiapkan sejak dini untuk mempelajari menu-menu baru.

    Hal ini perlu dilakukan karena pada saat puasa tentu kita tidak bisa mencicipi dengan seksama masakan yang kita buat apakah sudah enak atau belum.

    Nah karena itu sedari dini kita bisa mencoba membuat menu-menu baru untuk melatih kemampuan insting kita dalam menakar bumbu yang pas sehingga nantinya tanpa diicipun masakan akan tetap enak.



Subscribe to receive free email updates: