Tradisi Ramadhan Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi Ramadhan Unik yang Hanya Ada di Indonesia
Tradisi Ramadhan Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi Ramadhan Unik yang Hanya Ada di Indonesia - Tradisi ramadhan di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam memiliki kebudayaan unik selama bulan ramadhan dan lebaran. 

Pada umumnya memang tradisi ramadhan berupa ibadah dan amalan sama saja dengan negara-negara islam lainnya. Namun di Indonesia juga terdapat kebiasaan-kebiasaan dan hal unik yang terjadi hanya pada saat bulan Ramadhan dan hal tersebut hanya ada dan berlaku di Indonesia. 

Untuk kali ini, tradisi mudik bukan menjadi tradisi khas orang Indonesia karena tradisi mudik juga ada di negara-negara lain. Kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal unik tradisi  Ramadhan dan yang hanya terjadi di Indonesia.

  1. Momen Buka Bersama (Bukber) yang Menjadi Ajang Reunian
    Saat-saat berbuka merupakan momen yang begitu dinanti-nantikan oleh umat muslim. Nah di Indonesia sendiri, selain momen ngabuburit ada juga fenomena cukup unik yang terjadi yakni buka bersama. Nah acara buka bersama ini bukan hanya acara bukber biasa melainka juga sekalian digunakan ntuk ajang reunian.

    Dari mulai reunian sd, smp, sma, kuliah, hingga kerja pun banyak dilakukan. Entah mengapa tradisi ramadhan ini pasti akan terjadi setiap tahunnya di Indonesia. Mungkin juga karena pada saat bulan ramadhan utamanya pada hari-hari terakhir ramadhan banyak orang yang kembali ke kampung halaman sehingga dijadkan ajang untuk berkumpul kembali dengan teman-teman lama.

    Dan hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi rumah makan-rumah makan. Tak jarang kita harus melakukan pembookingan tempat jauh-jauh hari hanya untuk bisa mendapatkan tempat makan karena begitu banyaknya orang yang melakukan buka bersama.

    Tentu kalian sendiri pasti juga merasakan hal yang sama bukan? Coba kalian hitung pada bulan ramadhan tahun kemarin berapa undangan bukber yang kalian dapatkan? Bahkan untuk beberapa orang utamanya yang memiliki banyak teman, mereka seringkali harus membatalkan janji bukber karena bebarengan dengan acara bukber lainnya.

  2. Meningkatnya Tingkat Inflasi di Indonesia
    Selama bulan ramadhan dan menjelang lebaran utamanya, biasanya para pekerja / karyawan akan mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) yang bernilai cukup besar dan untuk pelaku wirausaha biasanya juga kaan mengalami kenaikan omset selama Ramadhan. Nah, hal ini akan menyebabkan masyarakat Indonesia menjadi sangat konsumtif dan boros. Akibatknya akan terjadi peningkatan nilai inflasi yang cukup besar di Indonesia.

  3. Iklan Sirup dan Biskuit Kalengan
    Siapa yang merindukan iklan sirup saat bulan ramadhan? Biasanya tanda-tanda jika akan datang bulan ramadhan adalah munculnya iklan sirup dengan alur cerita yang begitu menarik. Sudah menjadi tradisi ramadhan setiap tahunnya hal itu terjadi.

    Tidak dipungkiri juga konsumsi sirup selama bulan ramadhan dan lebaran akan melonjak drastis dibanding hari biasa. Selain itu iklan biskuit kalengan juga kan menghiasi layar TV kita. Selama bulan ramadhan, tak lengkap rasanya jika tidak tersedia sirup dan biskuit di rumah apalagi menjelang lebaran.

  4. Pusat Perbelanjaan Mengadakan Sale Besar-Besaran dan Dibanjiri Konsumen
    Hasrat belanja menjelang lebaran memang tak bisa dilepaskan oleh rakyat Indonesia. Menjelang lebaran, pusat-pusat perbelanjaan entah itu toko baju, toko makanan, parsel, dll akan memberikan promo besar-besaran dan mereka berlomba-lomba untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

    Kalian bisa membuktikannya sendiri, dari mulai pasar di pinggir kota, hingga mal-mal di kota besar pada hari-hari menjelang lebaran pasti akan dibanjiri konsumen.


Demikianlah beberapa keunikan dari tradisi ramadhan.


Subscribe to receive free email updates: