4 Olahraga Yang Dapat Kamu Lakukan Pada Bulan Puasa

Olahraga di Bulan Ramadhan
Olahraga di Bulan Ramadhan

4 Olahraga Yang Dapat Kamu Lakukan Pada Bulan Puasa - Bulan puasa merupakan hal yang sangat dinantikan oleh setiap muslim. Merupakan salah satu ibadah wajib, puasa merupakan dimana seseorang menahan hawa nafsu.

Dimulai pada saat matahari terbit hingga matahari tenggelam. Karena tidak makan selama beberapa jam, mengakibatkan pada saat puasa akan membuat lemas. Padahal dengan berpuasa kita sedang mendetoks tubuh dimana akan membersihkan tubuh kita dari racun.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat dihindari pada saat puasa karena dianggap akan membuat tubuh semakin lemas. Padahal apabila kita menjaga pola makan pada saat sahur dan berbuka dan mencukupi kebutuhan minum dijamin tubuh kamu tidak akan lemas.

Olahraga pada saat puasa juga dapat menjaga tubuh dapat prima dan sehat bugar. Oleh karena itu kamu dapat mencoba olahraga ringan yang dapat menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh. Kamu dapat melakukan pada saat setelah sahur atau sambil menunggu adzan maghrib.
  1. Jalan Santai
    Nah, olahraga ini bisa kamu lakukan setelah sahur. Kamu dapat merasakan segarnya udara pagi sekaligus dapat membakar kalori. Dibandingkan setelah sahur kamu tidur, lebih baik kamu melakukan olahraga ini.

    Untuk awal-awal kamu dapat berkeliling kompleks rumah selama 15 menit dalam minggu pertama. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat meningkatkan menjadi 20 menit, 30 menit, hingga 1 jam. Dan jangan lupa juga meningkatkan kecepatannya, mulai dari santai hingga cepat.

    Selain dapat menurunkan berat badan, jalan santai juga terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah dan mengontrol gula darah.
  2. Jogging
    Jika kamu kurang tertantang dengan jalan santai, kamu dapat mencoba olahraga satu ini. Ada baiknya kamu melakukannya pada saat sehabis sahur, karena kamu tidak akan merasa mudah lelah karena  masih menyimpan energi pada tubuh.

    Kamu dapat melakukannya selama 15-30 menit, olahraga ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan pada tubuh kamu. Tetapi ingat, berolahraga pada saat puasa dapat membuat jantung mudah berdebar. Apabila kamu merasa jantungmu mulai berdebar kencang, kamu dapat berhenti jogging atau mengurangi durasi waktu jogging.
  3. Yoga
    Olahraga ini sangat ampuh untuk mempercepat proses detoksifikasi tubuh kamu. Olahraga ini juga dapat membuat pikiran kamu rileks karena gerakannya yang mudah dilakukan dalam keadaan tenang dan perlahan.

    Gerakan yoga sangat berfokus pada pelatihan pernapasan yang dapat membantu penyuplaian oksigen ke otak. Sehingga dapat membantu merilekskan pikiran dan memberikan ketenangan. Kamu dapat memilih tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, tetapi apabila kamu melakukan kesalahan dalam gerakan yoga maka dapat berakibat fatal.

    Kamu dapat melakukan gerakan mudah seperti cobra pose, camel pose, atau child pose. Kamu harus menghindari gerakan yang menahan berat tubuh seperti palnking pose.
  4. Bersepeda Santai
    Untuk menghabiskan waktu ngabuburit, kamu dapat melakukan olahraga ini sambil menikmati angin sore atau mencari jajanan untuk berbuka. Apabila kamu pemula, kamu dapat bersepda dengan jarak yang dekat saja.

    Tetapi apabila sudah terbiasa kamu dapat mencoba untuk jarak yang jauh. Seperti menurut penelitian bersepeda dalam waktu 45 menit dapat membakar 300 kalori untuk wanita dan 350 kalori untu pria. Tetapi jangan sampai kebablasan, kamu harus ingat bahwa cairan pada tubuh kamu terbatas agar terhindar dari dehidrasi agar badan kamu tidak lemas. 

Itulah beberapa olahraga ringan yang dapat kamu lakukan pada bulan puasa.

Subscribe to receive free email updates: