Keutamaan Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh


Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh - Tahukan Anda bahwa menunaikan puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menjadi ladang pahala, serta membuat akhlak menjadi lebih baik, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui manfaat dari puasa yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang akan Anda peroleh, jika menunaikannya dengan baik, antara lain :

  1. Baik untuk sistem pencernaan
    Pada saat seseorang berpuasa, maka sistem pencernaannya akan beristirahat. Tepat pada saat beristirahat ini, organ pencernaan akan mulai bebenah diri, dan mulai memperbaiki diri. Jika ada salah satu organ atau bagian yang mengalami kerusakan, akan segera diperbaiki.

    Lalu bagaimana dengan penyakit gastritis atau maag, pada dasarnya penyakit ini tidak mungkin kambuh pada saat seseorang sedang berpuasa. Penyakit ini kambuh karena sistem kimia tubuh kacau, atau ketika seseorang mulai mengalami stress, baik yang disadari atau tidak.
  2. Baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah
    Melakukan puasa juga baik untuk penderita jantung. Ketika seseorang melakukan puasa di bulan Ramadhan, maka kandungan HDL akan meningkat, dan kandungan LDL dalam tubuh akan menurun. Kondisi ini yang akan membuat kesehatan jantung baik, bahkan sistem peredaran darah juga mulai lancar.
  3. Kondisi psikologis yang tenang, dapat mencegah penyakit kronis
    Ketika seseorang yang berpuasa di bulan ramadhan, maka seseorang tersebut harus dapat mengontrol emosinya. Kondisi ini yang membuat seseorang menjadi lebih tenang. Serta menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh.

    Kondisi ini dapat mencegah munculnya kolesterol berlebih, dan membuat kontraksi empedu jadi lebih baik. Sehingga berbagai macam penyakit kronis dapat terhindarkan.
  4. Berpikir jadi lebih tajam dan kreatif
    Berpuasa juga membuat seseorang dapat berpikir dengan tenang. Dalam kondisi tenang ini, maka performa otak jadi lebih baik dan lebih tajam. Itu juga yang menjadi alasan mengapa seseorang dapat menciptakan berbagai macam ide kreatif.

    Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian pada sekelompok mahasiswa di University of Chicago yang melakukan puasa selama 7 hari. Pada saat berpuasa tersebut, terbukti, bahwa kewaspadaan mereka dan mental mereka mulai meningkat, hingga berbagai tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik.
  5. Performa saksualitas mengalami peningkatan
    Berdasarkan sebuah penelitian, pada saat seseorang berpuasa, maka kadar hormon testosterone, perangsang jantung / FSH dan juga Lemotin akan naik. Namun hal ini hanya bersifat sementara. Setelah puasa selesai dilakukan, maka kadar hormon ini akan turun kembali.
  6. Mencegah kegemukan
    Ketika seseorang berpuasa, maka tubuh akan mulai membuat energy untuk aktifitas sehari-hari dari berbagai macam cadangan makanan yang ada, baik itu cadangan lemak, sisa makanan yang ada di dalam usus, atau bahkan cadangan lainnya, seperti protein berlebih, dan hal lainnya. Ini yang membuat sistem pencernaan jadi lebih baik, dan sistem sekresi juga jadi lebih lancar. Hasilnya berat badan pun akan berkurang.
  7. Sistem kekebalan tubuh meningkat
    Tahukan Anda bahwa salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada seseorang yang melakukan puasa.

    Dimana Limfosit yang ada di dalam tubuh naik menjadi 10 kali lipat. Kondisi ini yang akan mempengaruhi sistem imun tubuh, hasilnya berbagai macam penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh.
  8. Baik untuk ginjal
    Ginjal adalah salah satu organ yang berfungsi untuk menyaring berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh. Ketika seseorang berpuasa, maka ginjal akan mengurasi asupan air.

    Jika kekuatan osmosis urin biasanya mencapai 1.000 hingga 12.000 ml / kg air, maka ketika seseorang berpuasa, hal ini akan berkurang. Hasilnya kinerja ginjal akan lebih maksimal.

Subscribe to receive free email updates: