Menyibak Keistimewaan Bulan Ramadhan Dibanding Bulan Lainnya Bagi Seorang Muslimin


Keistimewaan Bulan Ramadhan

Menyibak Keistimewaan Bulan Ramadhan Dibanding Bulan Lainnya Bagi Seorang Muslimin - Bulan Ramadhan telah tiba, sudah waktunya untuk berbenah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bulan yang satu ini disebut istimewa, karena memang bulan ini berbeda dengan kebanyakan bulan lainnya, baik yang dapat dilihat secara kasat mata, maupun tidak, baik yang dapat diteliti oleh science maupun tidak.

Namun yang akan dijelaskan berikut ini adalah berbagai macam keistimewaan bulan Ramadhan yang akan diperoleh seorang muslimin, jika dapat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

  1. Bulan untuk mendidik ketakwaan seseorang
    Dalam surat Albaqarah ayat 183 disebutkan, bahwa bahwa seorang muslimin harus melakukan ibadah puasa, seperti yang telah dilakukan oleh kaum sebelumnya. Dimana pada bulan ini, seorang muslim bukan hanya harus menahan haus dan lapar, tetapi mengendalikan haus dan lapar tersebut.

    Ini yang akan menjadi salah satu pelajaran untuk mengendalikan emosi dengan baik, ini juga yang membuat seorang muslim mampu menjadi pribadi yang baik.
  2. Bulan yang didalamnya terdapat Lailatul Qodar
    Lailatul Qodar atau bulan seribu bulan, artinya hanya 1 malam yang mulianya sama seperti seribu bulan. Lailatur Qodar ini adanya di akhir bulan Ramadhan, dimana alam pun seolah tidak bernafas, dan menikmati proses terjadinya fenomena alam yang hanya terjadi 1 kali selama 1 tahun ini.

    Seorang muslimin yang dapat beribadah dengan baik, tentu akan memperoleh malam yang luar biasa ini.
  3. Ramadhan menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama manusia
    Walaupun sejatinya umat muslimin yang menunaikan ibadah puasa ini, namun jika dilihat secara luas. Seluruh umat manusia pun baik kaum muslimin maupun yang bukan, turut menghormati bulan ini. Akan timbul toleransi yang baik, antar umat beragama.

    Dimana pada bulan ini, mereka yang tidak menunaikan ibadah puasa, akan menghormati umat muslim dengan tidak makan minum di tempat terbuka.

    Selain itu solideritas sesama muslim pun akan tergugah, dengan diadakannya buka puasa bersama di masjid, dan saling memberikan bekal untuk berbuka atau sahur.
  4. Bulan puasa menyehatkan
    Keistimewaan lain dari bulan puasa adalah puasa itu menyehatkan. Bagaimana tidak, dengan berpuasa, maka seseorang akan disiplin makan. Seorang muslimin hanya dapat makan ketika fajar belum terbit dan ketika matahari sudah terbenam.

    Selama berpuasa, maka seluruh sistem pencernaan akan berhenti, mereka mulai memperbaiki berbagai kerusakan yang ada. Tidak hanya itu, suplai tenaga untuk aktifitas sehari-hari menggunakan cadangan lemak, dan beberapa hal lainnya yang dapat digunakan sebagai energy bagi tubuh. Ini yang membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan penyakit pun dapat teratasi dengan baik.
  5. Bulan penuh rahmat dan ampunan
    Keistimewaan berikutnya dari bulan ini adalah penuhnya rahmat dan ampunan yang diberikan oleh Alloh SWT, pada umatnya. Ada banyak sekali pahala yang dilimpahkan pada bulan Rahadhan ini, seperti doa yang mustajab (atau doa yang langsung dijabah), pahala umrah pada bulan ramadhan sama dengan ibadah haji, semakin banyak sedekah dan amal baik, maka semakin berlipat pahala yang akan tercurah, dan hal lainnya.

Selain itu masih banyak lagi keistimewaan bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Namun inti dari bulan Ramadhan ini adalah membuat umat muslimin menjadi lebih baik, dan serta mampu memperbaiki diri, sehingga ketika bulan ini berakhir, akan menjadi seseorang yang baru, atau menjadi seseorang yang fitrah, sebagaimana mereka baru saja dilahirkan.

Subscribe to receive free email updates: